Dosen Pendidikan Matematika Unimal Adakan Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Pendidikan Matematika Unimal Adakan Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dosen dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan berhitung cepat menggunakan metode jarimatika untuk siswa SD IT Almarkazul Islami, Lhokseumawe, Selasa (12/11/2024). 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan metode berhitung yang mudah, praktis, dan menyenangkan bagi anak-anak, sekaligus meningkatkan kemampuan dasar matematika mereka.

Jarimatika, metode berhitung dengan memanfaatkan jari tangan, dipilih karena efektivitasnya dalam membantu anak-anak memahami konsep dasar matematika, seperti penjumlahan dan pengurangan, secara visual dan intuitif. Melalui pendampingan langsung, dosen Universitas Malikussaleh membimbing para siswa memahami teknik-teknik dasar jarimatika dan mengajak mereka melakukan latihan interaktif agar mereka bisa langsung mempraktekkan metode tersebut.

Ketua tim pelatihan, Muliana MPd, menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya Prodi Pendidikan Matematika untuk mendukung peningkatan literasi numerasi sejak dini. 

"Kami berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika dan membantu mereka menghadapi kesulitan berhitung dasar," ujar Muliana. 

Menurutnya, pendekatan jarimatika bukan hanya untuk memperkuat kemampuan berhitung siswa, tetapi juga untuk membangun kepercayaan diri mereka dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Kepala Sekolah SD IT Almarkazul Islami,  Maulida Bepi menyampaikan apresiasi tinggi atas inisiatif dosen Universitas Malikussaleh dan berharap kegiatan serupa dapat diadakan secara berkelanjutan. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat membantu siswa kami menguasai kemampuan dasar berhitung, yang menjadi pondasi penting dalam pembelajaran matematika lebih lanjut," tuturnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar