Teuku Kemal Fasya: Pentingnya Mengembangkan Media Multiplatform

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Teuku Kemal Fasya. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Perkembangan teknologi informasi yang kini semakin canggih, mengharuskan semua media harus melakukan strategi pemberitaan multi-platform. Era sekarang tidak bisa lagi mengandalkan media cetak, bukan saja karena biaya produksi yang tinggi, tapi juga timing yang semakin cepat oleh pemberitaan media digital.

Mau tak mau, unimalnews dan Unimal TV sebagai media resmi yang dikelola UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal juga melakukan apa yang menjadi tuntutan perubahan dalam model pemberitaan di era revolusi industri 4.0 itu.

Demikian sebagian ide yang disampaikan Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh, ketika mengisi Workshop Penulisan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Pertanian di Aula Fakultas Pertanian,  Kampus Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Rabu (25/9).

Workshop yang mengambil tema “Membentuk Jurnalis Mendunia Melalui Goresan Pena” yang dibuka oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Unimal, Hendrival Msi tersebut dihadiri bukan saja oleh civitas academica di lingkungan fakultas, tapi juga para guru yang berada di Kabupaten Aceh Utara. Turut terlihat beberapa peserta yang merupakan guru dan kepala sekolah yang berada di Kabupaten Bireun ikut dengan seksama acara seminar tersebut.

Lebih lanjut Kemal menyatakan bahwa dunia literasi akan memiliki manfaat yang banyak, bukan saja pada dunia jurnalistik. “Karena kemampuan menulis esai dan opini, juga akan mampu membuat tulisan ilmiah seperti buku, chapter buku, dan jurnal semakin baik. Karena penulis opini yang baik juga harus banyak membaca karya sastra disamping karya referensi dan ilmiah. Art of writing diperlukan dalam merenggangkan otot-otot kalimat, plotting, dan kekuatan diksi sehingga tidak terjebak pada redundansi dan repetisi”, ujar Kemal.[tam]


Kirim Komentar