Prodi Akuntansi Unimal Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh prodi akuntansi Universitas Malikussaleh, Sabtu (6/10/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS| Lhokseumawe – Sejumlah dosen program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (FEB Unimal) melaksanakan Pengabdian  kepada masyarakat. Pengabdian kali ini ditujukan kepada guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Akuntansi di kota Lhokseumawe.

Kegiatan ini dilaksanakan di laboratorium Komputer Akuntansi FEB Unimal, Sabtu (5/10). Kegiatan pengabdian ini berupa penyusunan modul komputer akuntansi kepada guru SMK.

Ketua Prodi Akuntansi Dr Murhaban dalam sambutannya meminta kepada dosen di prodi akuntasni agar terus berinovasi dlam mengembangkan ilmu sesuai kompetensi dan setelah itu bisa membagikannya ke masyarakat. Pengabdian ini diharapkan bisa terus berlanjut sehingga dapat membangun relasi dan koneksi dengan pihak sekolah dan pihak lain nantinya.

Menurut Murhaban, tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk melatih para guru SMK untuk memahami penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi computer MYoB versi 24. Adapun yang menjadi pemateri adalah dosen prodi akuntansi yakni Indrayani MSi Ak Ca selaku pemateri utama didampingi oleh Mursidah MSi Ak CA dan Yunina MSi Ak Ca.

Menurut Indrayani Penyusunan modul komputer akuntansi mulai dari menyiapkan kasus simulasi sebuah perusahaan dagang, dengan menyiapkan informasi perusahaan, daftar akun, transaksi  perusahaan dan bagaimana penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan komputer akuntansi MYOB versi 24.

Penyusunan modul tersebut telah disosialisasikan kepada peserta sebelumnya untuk membuat  simulasi kasus sebuah perusahaan dagang. Kemudian setelah penyusunan modul selesai dilanjutkan dengan menginput semua transaksi yang telah diselesaikan ke dalam aplikasi MYOB Versi 24 yang merupakan aplikasi komputer akuntansi terbaru.

Pada pelatihan ini  diberikan tips bagaimana penyusunan modul yang baik dan benar  supaya bisa  mudah dipahami oleh anak didiknya nanti, tutup Indrayani.[ryn]


Kirim Komentar