Ikhtiar Universitas Malikussaleh mencari Konselor Teman Sebaya

SHARE:  

Humas Unimal
Ajmir Akmal MSi, alumni Universitas Malikussaleh yang juga merupakan mantan Ketua Konselor Sebaya Aceh Utara mejadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Training for Trainer Teman Sebaya yang dilaksanakan oleh UPT Bimbingan Karir dan Kewirausahaan Unimal, Senin (7/10/2019). FOTO : IST

Mahasiswa  merupakan individu yang sedang berada dalam proses berkembang menuju kematangan dan kemadirian. Perkembangan mahasiswa tidak terlepas dari pengaruh lingkungan baik fisik, psikis maupun sosial.

Proses perkembangan individu itu tidaklah selalu berjalan mulus atau tanpa masalah, terutama mahasiswa yang mana perkembangan dan perubahan perilaku mereka sangat dipengaruhi oleh gaya dan style yang ada di lingkungannya.

Lingkungan yang kurang sehat cenderung akan menjadikan perilaku mahasiswa akan menyimpang dari kaidah-kaidah moral dan cenderung akan melakukan perbuatan menyimpang seperti, melanggar tata tertib kampus, tawuran, penggunaan narkotika, pergaulan bebas dan lainnya.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka mahasiswa membutuhkan bimbingan dalam menentukan langkahnya dalam menatap masa depan. Bimbingan bisa didapatkan dari orang tua, dosen ataupun yang lebih tua dari mereka.

Namun perkembangan teknologi, perubahan zaman menjadikan terkadang ada dinding pemisah antara pribadi mahasiswa dengan orang tua maupun dosennya di kampus, sehingga ketika memiliki masalah maka akan dipendam saja sendiri dan tidak mau menceritakannya.

Hal seperti ini apablia tidak dicarikan segera dicarikan solusinya maka akan memberikan dampak yang akan mempengaruhi individu mahasiswa tadi, sehingga bisa saja akan mempengaruhi prestasi akademik.

Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut Unit Pelaksana Teknis Bimbingan Karir dan Kewirausahaan (UPT BKK) Universitas Malikussaleh melaksanakan Training for Trainer kepada mahasiswa yang memiliki prestasi dan softskill yang baik untuk dipersiapkan menjadi konselor teman sebaya, Senin (7/10).

Program Konselor Teman Sebaya ini adalah program bimbingan yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap mahasiswa lainnya. Hal ini dikarenakan teman sebaya mempunyai ikatan lebih kuat kepada teman sebaya karena terbangun dari rasa saling percaya antar mereka, terang Dr Sulaiman yang merupakan Kepala UPT BKK Unimal.

Program ini melatih mahasiswa-mahasiswa yang telah memenuhi syarat menjadi konselor bagi teman-temannya yang lain sehingga bisa turut membantu mengatasi masalah yang ada pada diri mahasiswa.

Training for Trainer yang dilaksanakan di aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah ini  menghadirkan narasumber dari alumni yakni Ajmir Akmal MSi, lulusan S2 Institut Pertanian Bogor yang juga merupakan mantan Ketua Konselor Sebaya Aceh Utara binaan BKKBN serta Liza Adyani MHc yang merupakan dosen Psikologi Unimal.

Semoga pelaksanaan Training for Trainer sebagai salah satu ikhtiar untuk dapat membantu memecahkan masalah yang ada pada diri mahasiswa Unimal ini bisa memberikan hasil yang maksimal, Aamiin.[Riyandhi Praza]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar