Teknik Sipil Unimal Kunjungan Industri ke PT Jaya Beton Indonesia

SHARE:  

Humas Unimal
Jurusan Teknik Sipil Universitas Malikussaleh melakukan kunjungan industri ke PT Jaya Beton Indonesia di kota Medan, Kamis (17/10/2019). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Medan - Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh mendatangi PT Jaya Beton Indonesia yang berlokasi di Kota Medan sebagai tujuan Kunjungan Industri tahun 2019. Kunjungan ini dilakukan Kamis (17/10).

Kunjungan industri kali ini dipimpin oleh Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Lis Ayu Widari MT diikuti oleh 97 orang mahasiswa dan 3 dosen pendamping.

Kedatangan peserta disambut oleh Zulkifli ikief SE mewakili General Manager dan Wahyudi ST Manager Quality Control & Engineering.

Menurut Zulkifli PT Jaya Beton Indonesia adalah perusahaan produksi beton pracetak terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1978, dengan Plant di Medan, Tangerang, Surabaya dan Jawa Barat. Perusahaan selama bertahun-tahun telah terlibat dalam mendukung berbagai proyek di seluruh negeri diberbagai sektor dari gedung perkantoran, pabrik, pembangkit listrik, jaringan distribusi listrik, sistem pengelolaan air, sistem pemecah, pelabuhan laut, bandara, dan infrastruktur publik yang kritis seperti jalan, jembatan, kereta api, dan kanal, terang Zulkifli.

Dalam kunjungan ini peserta dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi indoor dan sesi outdoor. Sesi indoor mengikuti kuliah umum tentang desain pondasi, fungsi dan proses memproduksi beton pracetak, sedangkan sesi outdoor kunjungan lapangan dengan melihat langsung bagaimana proses produksi beton pracetak.

Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Unimal, Lis Ayu Widari mengatakan bahwa kunjungan industri ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan mahasiswa kepada dunia kerja. Dari hasil kunjungan banyak hal yang dapat diperoleh mahasiswa untuk lebih memahami bagaimana proses pembuatan beton pracetak dan aplikasi pemasangannya di proyek konstruksi, seperti jembatan, gedung dan bangunan infrastruktur lainnya.

Dalam hal pengelolaan dan manajemen melihat dan mengamati bagaimana mutu produk dan pelayanan menjadi sasaran utama dalam hal untuk memproduksi komponen-komponen beton, mulai dari tahap incoming material, dilanjutkan dengan proses pembuatan dan perawatan hingga tahap produk siap untuk dikirim ke proyek, semua dilakukan dengan pengendalian kualitas yang baik dan terukur, ungkap Lis.

Kegiatan kunjungan industri kali ini bertemakan “set your passion be your innovations”. Kemudian di lanjutkan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Agreement (MoA) antara Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh dengan PT  Jaya Beton Indonesia, tutup Lis.[ryn]


Kirim Komentar