Kurangi Kegagalan, Bina Karir Unimal Berikan Pelatihan dalam Melamar Pekerjaan

SHARE:  

Humas Unimal
Lailan F Saidina, salah seorang narasumber dalam kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan oleh UPT Bina Karir dan Kewirausahaan (BKK) Universitas Malikussaleh. FOTO ; IST

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Memiliki pekerjaan adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh siapa saja pada saat  menyelesaikan pendidikan. Tidak ada yang ingin menganggur atau tanpa pekerjaan dalam waktu yang lama.

Seorang yang menganggur atau tanpa pekerjaan akan mendapatkan cap kurang baik dalam masyarakat hari ini, apalagi bagi yang belum mempunyai pekerjaan setelah lulus dari sebuah perguruan tinggi.

“Buat apa sekolah tinggi-tinggi, menghabiskan biaya yang tidak sedikit, jika hanya akan menjadi pengangguran”, begitulah kira-kira ucapan yang akan didapati seseorang yang menganggur.

Mengurangi hal tersebut terjadi pada lulusan Universitas Malikussaleh, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Karir dan Kewirausahaan (BKK) melaksanakan Pelatihan pembuatan surat lamaran pekerjaan dan curriculum vitae serta Pelatihan teknik menghadapi interview di aula  Cut Meutia Kampus Bukit Indah pada hari Minggu (20/10) dan Sabtu (26/10).

Pelatihan ini diberikan kepada mahasiswa yang berada pada tahun akhir atau sedang menyusun tugas akhir. Narasumber dalam kegiatan ini adalah  Lailan F. Saidina dan Azwar Djafar.

Kepala UPT  BKK Unimal Dr Sulaiman mengatakan bahwa surat lamaran kerja menjadi kesan pertama perusahaan dalam menilai calon karyawan dan dibuktikan pada saat wawancara sehingga pelatihan tersebut menjadi penting untuk mendapat pekerjaan pertama setelah lulus.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini supaya mahasiswa memahami bagaimana menyusun surat lamaran kerja dan siap mental dalam menghadapi Interview. Terkadang ada lulusan kita yang sebenarnya memilki kompetensi terhadap pekerjaan yang dilamar, namun sudah kehilangan kesempatan ketika masih berada pada tahap seleksi berkas dikarenakan menulis surat lamaran pekerjaan yang tidak sesuai dengan standar lazimnya, ujar Sulaiman.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar