Unimal Tandatangani Deklarasi Gabung UI Greenmetric

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Malikussaleh, Dr Muhammad Yusuf (tiga dari kiri) bersama keynote speakers setalah penandatangan kesepahaman bergabung dalam UI GreenMetric, di Universitas Sumatera Utara, Medan (21/2/2020). FOTO; IST

UNIMALNEWS | Medan – Universitas Malikussaleh resmi bergabung dalam UI GreenMetric World University Rankings. Hal tersebut setelah Rektor Unimal yang diwakili oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Dr Muhammad Yusuf menandatangani nota kesepahaman untuk bergabung ke dalam UI GreenMetric pada  kegiatan Lokakarya UI GreenMetric untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat  yang berlangsung 20-21 Februari 2020 di Universitas Sumatera Utara, Medan.

UI GreenMetric World University Ranking adalah pemeringkatan Universitas tingkat dunia yang menginisiasi usaha berkelanjutan kampus, yang diawali oleh Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2010.

Kegiatan Lokakarya ini menghadirkan keynote speakers Prof Dr Tommy Ilyas (anggota Tim Ahli UI GreenMetric Universitas Indonesia) dan juga Wakil Ketua UI GreenMetric Universitas Indonesia Junaidi MA. Unimal sendiri mengirimkan dua orang delegasi untuk mengikuti kegiatan lokakarya ini yaitu Dr Muhammad Yusuf dan Dr Yulia.

Dalam pemaparannya Junaidi menyampaikan bahwa Universitas Indonesia (UI) mengawali sebuah Peringkat Universitas Dunia pada tahun 2010 yang kemudian dikenal dengan nama “UI GreenMetric World University Rankings“ untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus. Hal ini dimaksudkan untuk membuat survei online untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas di seluruh dunia.

Sebanyak 95 universitas dari 35 negara ambil bagian dalam GreenMetric 2010 yaitu 18 dari Amerika, 35 dari Eropa, 40 dari Asia dan dua dari Australia. Pada tahun 2018 sebanyak 719 universitas dari 81 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa UI GreenMetric dikenal sebagai yang pertama dan satu-satunya pemeringkatan universitas dunia dalam hal berkelanjutan, jelas Junaidi.

Dr Muhammad Yusuf mengatakan bahwa alasan Unimal bergabung ke dalam UI GreenMetric ini salah satunnya adalah Berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus. Bergabung ke dalam UI GreenMetric ini juga memberikan manfaat agar Unimal bisa diakui secara global dalam dunia internasional.

Partisipasi pada UI GreenMetric akan menghasilkan meningkatnya jumlah pengunjung website, meningkatnya jumlah “mention” ke institusi berkaitan dengan keberlanjutan dan akhirnya meningkat pula korespondensi dengan calon mitra, jelas Yusuf.[ryn]


Kirim Komentar