Institute Teknologi Indonesia Juara I Lomba Rancang Pabrik Kimia PDCCE 2019 di Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
KETUA Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik UNIMAL menyerahkan Hadiah kepada peserta lomba National Plant Design Competition 2019. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - National Plant Design Competition 2019 yang diadakan selama 3 (tiga) hari di Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh  telah berakhir pada Jum'at (21/06/2019) malam. Penutupan acara tersebut berlangsung di Gedung Gor ACC Cunda, Lhokseumawe.

Institute Teknologi Indonesia Jakarta berhasil menjadi juara I (pertama) dengan memperoleh hadiah Rp. 5 Juta Rupiah, plakat dan sertifikat. Lomba rancang pabrik kimia tingkat nasional ini diikuti oleh 36 tim yang berasal dari Institut Tekologi Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Bung Hatta, Universitas Mulawarman, Polteknik Negeri Lhokseumawe, dan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Hasil lengkap dari kompetisi tersebut sebagai berikut:

Juara Peringkat Penilaian Ketua Tim Anggota Tim
1 ITI (Institut Teknologi Indonesia, Jakarta) Crisvinlya Ahid Rahmat Satria Negara
2 UMJ (Universitas Muhammadyah Jakarta) Deri Iryawan Ericha Indriani Marjuki
3 UBH (Unversitas Bung Hatta, Padang) Audha Diachmesa Ahmad Viqri, Novri Naldi
Harapan 1 UNIMAL (Universitas Malikussaleh) M. Aidil Rizky Lukman Nur Hakim, Rika Faradilla Hasibuan
Harapan 2 UNIMAL (Universitas Malikussaleh) Guntoro Raudhatul Jannah, Rosdiana

Pengumuman pemenang dilakukan oeh 2 anggota tim juri yaitu Safwat Ardy dan Yuliana Stevani, ketua tim juri Bapak Zulfakri dari PT. Pupuk Iskandar Muda.

Ketua Program Studi Teknik Kimia Dr Lukman Hakim  kepada Unimalnews Sabtu, (22/06/2019) menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan dalam 2 tahun sekali, dan untuk kompetisi berikut akan dilaksanakan sekitar Januari 2021 skala nya diperluas untuk tingkat Asia Tenggara.
"Mudah-mudahan di tahun 2021 peserta dari luar yang akan ikut jauh lebih banyak dari sekarang,"harapnya.

Lomba tersebut mendapat dukungan utama dari PT Pupuk Iskandar Muda, serta sponsor pendukung yaitu PT Pertamina Hulu Energi dan PT Perta Arun Gas.

Ketua panitia Jagad Wibisono mengatakan permohonan maaf bila selama penyelenggaraan oleh panitia, peserta ada yang merasa tidak nyaman, dan akan meningkatkan lagi pelayanan  pada event yang akan datang.

"Saya yang mewakili penyelenggara acara ini meminta maaf sebesar-besarnya jika ada yang tidak nyaman dengan pelayanan selama kegiatan  yang telah kita lewati,"katanya.

Sementara Rektor Universitas Malikussaleh Dr H. Herman Fithra memuji langkah maju yang dilaksanakan oleh Teknik Kimia Malikussaleh, dengan berani melaksanakan event nasional seperti yang baru dilakukan.

"Dengan adanya acara ini, maka akan mendorong lahirnya banyak  process engineer muda yang dalam merancang pabrik kimia akan sadar terhadap pentingnya menjaga lingkungan agar tetap terpelihara dan nyaman untuk ditinggali umat manusia,"pesan rektor.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Muhammad juga berharap agar kegiatan tersebut terus dilanjutkan di masa mendatang. Fakultas Teknik akan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan semacam ini.

"Ini adalah salah satu cara untuk memperkenalkan Fakultas Teknik Unimal kepada seluruh masyarakat Indonesia.  Teknik Unimal saat ini memiliki 9 Jurusan antara lain, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Tekni Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Arsitektur, Sistem Informasi dan Teknik Material, disamping itu ada program Magister Teknik Energi Terbarukan. Masih terbuka luas peluang untuk lulus di Teknik Material,"sebutnya.[tmi]


Kirim Komentar