Setelah Lulus SNMPTN, Ini yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan mahasiswa baru Universitas Malikussaleh di Kampus Bukit Indah, tahun 2019 lalu. FOTO: AHMAD ALBASTIN.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN sudah diumumkan pada 8 April lalu. Calon mahasiswa yang sudah lulus SNMPTN tidak perlu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer sebagaimana mahasiswa yang bertarung melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Namun, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon mahasiswa baru setelah dinyatakan lulus SNMPTN yang beberapa proses di antaranya dilaksanakan tanpa kehadiran calon mahasiswa secara langsung.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Malikussaleh, Jullimursyida PhD, mengingatkan calon mahasiswa baru yang sudah lulus SNMPTN agar segera mengirim hasil scan rapor asli dan dikirim ke email sesuai fakultas masing-masing. Pengiriman scan rapor tersebut dimulai sejak 13 – 15 April 2020.

Ada pun alamat surat elektronik dimaksud adalah untuk Fakultas Teknik snmptn.ft@unimal.ac.id, Prodi Keguruan snmptn.kp@unimal.ac.id, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik snmptn.fisip@unimal.ac.id, Fakultas Pertanian snmptn.fp@unimal.ac.id, Fakultas Ekonomi snmptn.feb@unimal.ac.id, Fakultas Hukum snmptn.fh@unimal.ac.id, dan Fakultas Kedokteran snmptn.fk@unimal.ac.id.

“Hasil scan rapor akan diverifikasi oleh tim mulai 16 – 22 April. Hasil verifikasi akan diumumkan pada 23 April 2020 pukul 17 WIB,” ungkap Jullimursyida, Selasa (14/4/2020).

Pengumuman hasil verifikasi rapor calon mahasiswa yang lulus melalui SNMPTN dapat dilihat melalui situs pmb.unimal.ac.id. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, diberikan kesempatan menyanggah melalui email snmptn.pt@unimal.ac.id mulai 24 – 27 April pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Bagi calon mahasiswa yang lulus di Fakultas Kedokteran, harus menjalani tes kesehatan di rumah sakit atau klinik yang ditunjuk oleh Universitas Malikussaleh. “Jadwal dan tempatnya akan ditentukan kemudian,” tambah Julli.

Sedangkan bagi calon mahasiswa yang lulus di Prodi Psikologi, Teknik Kimia, Arsitektur, dan Pendidikan Kimia, wajib melakukan tes di rumah sakit umum daerah masing-masing dengan kriteria tes narkoba dan tes buta warna. Hasil tes kesehatan di-scan dalam bentuk pdf dan dikirim ke email snmptn.pt@unimal.ac.id dengan mencantumkan nama, prodi lulus, dan nomor peserta SNMPTN. Proses pengiriman hasil tes kesehatan bagi mahasiswa dimaksud dilakukan mulai 29 April – 5 Mei 2020.

Baca juga: Ini Mahasiswa yang Lulus Jalur SNMPTN 2020 di Universitas Malikussaleh  

Bagi calon mahasiswa yang terindikasi buta warna dan tidak lulus tes kesehatan diharapkan segera melapor ke Biro Akademik melalui narahubung 0852-6056-9420 sebelum mengisi dan membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Setelah dinyatakan lulus verifikasi rapor, calon mahasiswa dapat mengisi UKT secara daring melalui ukt.unimal.ac.id mulai 4 – 8 Mei 2020. Ada pun kelengkapan administrasi yang dibutuhkan adalah pasfoto, file scan kartu keluarga, scan rekening listrik selama tiga bulan terakhir, scan rekening PDAM jika menggunakan PDAM, serta foto rumah tampak depan, belakang, samping kiri, dan samping kanan. Semua dokumen tersebut dikirim dalam format jpeg dengan ukuran maksimal 300 kb.

Pengumuman UKT dilakukan melalui pmb.unimal.ac.id pada 15 Mei 2020 pukul 15.00 WIB. Pembayaran UKT bagi calon mahasiswa baru non KIP-Kuliah dilakukan melalui BRI Syariah mulai 18 Mei – 5 Juni 2020 dengan menyertakan fotokopi kartu SNMPTN.

Berikutnya, pendaftaran ulang dilakukan secara daring melalui pumaba.unimal.ac.id dengan melampirkan pasfoto dalam format jpeg, kartu SNMPTN dalam format jpeg, dokumen scan SKHU/SKL/ijazah dalam format pdf, kartu keluarga dalam format pdf, serta bukti pembayaran UKT atau kartu KIP –Kuliah dalam format jpeg. Jadwal pendaftaran ulang berikut kelengkapan administrasi mulaui 18 Mei – 5 Juni 2020.

“Setelah melakukan pendaftaran ulang dan diberifikasi, mahasiswa baru akan mendapatkan nomor induk mahasiswa yang dapat digunakan sebagai ID mahasiswa,” tandas Jullimursyida. [ayi]

Baca juga: Unimal Masuk Tiga Besar Penerima Mahasiswa SNMPTN 2020

   


Kirim Komentar