Unimal Masuk Tiga Besar Penerima Mahasiswa SNMPTN 2020

SHARE:  

Humas Unimal

UNIMALNEWS | Jakarta - Kabar gembira kembali mengayun di rumah besar jantong hatee pendidikan Pasee, Universitas Malikussaleh. Berdasarkan hasil pengumuman  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 yang diumumkan pada hari ini Rabu (8/4/2020) pukul 13.00 WIB, Unimal masuk sebagai PTN ketiga terbanyak penerima lulusan. 

Sebanyak 2.650 calon mahasiswa telah diterima di kampus ini. Urutan pertama jatuh kepada Universitas Brawijaya, yaitu sebanyak 4.303 calon mahasiswa dan kedua Universitas Pendidikan Indonesia yaitu 2.692 orang. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 86 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia sebanyak 96.496 siswa. Jumlah yang lulus itu merupakan hasil seleksi dari jumlah pendaftar sebanyak 489.601 siswa. 

Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 25.398 siswa dari peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah), dengan total pendaftar KIP-Kuliah sejumlah 95.346. dan lagi-lagi untuk peserta KIP-Kuliah, Unimal menjadi penerima terbanyak yaitu 1.164.

Terkait dengan hal itu, Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Ir Herman Fithra Asean Eng mengungkapkan rasa syukur dan gembiranya. Ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menaruh perhatian besar kepada pengembangan pendidikan di Unimal. Dengan ini sekaligus memperkuat citra Unimal sebagai kampus rakyat, karena berhasil menjadi penerima calon mahasiswa dari jalur subsidi utama pemerintah melalui program KIP-Kuliah, yang dulu bernama Bidikmisi.

“Hal ini semakin meneguhkan kita sebagai kampus rakyat, yang memungkinkan masyarakat dari kalangan yang paling tidak beruntung secara ekonomi, dari Papua hingga Sumatera memiliki hak mengenyam pendidikan tinggi melalui program KIP-Kuliah. Kita patut berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atas perhatian besarnya kepada Unimal”, ungkap Herman penuh bangga.

Selamat untuk calon mahasiswa baru. Tetap bersemangat menerima tantangan pendidikan tinggi di salah satu kampus bergengsi di Sumatera yang bermotto kampus inklusif dan pro-perubahan ini.[tkf] 


Kirim Komentar