Ada Mahasiswa KKN-BK di Pangkalan Susu, Ini yang Mereka Kerjakan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-BK Unimal Berfoto bersama Perangkat Desa di depan gerbang Desa Alur Cempedak Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Senin (4/5/2020). FOTO; IST

UNIMALNEWS | Stabat - Salah satu skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bisa dipilih oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh pada semester genap 2019/2020 ini adalah KKN Balik Kampung (BK). Skema ini tertuang dalam Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kuliah Kerja Nyata.

KKN-BK merupakan kegiatan KKN yang dilakukan di kampung halaman para mahasiswa. Di Desa Alur Cempedak Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat terdapat satu kelompok mahasiswa yang memilih skema KKN-BK ini. Kelompok ini terdiri dari empat orang mahasiswa yaitu  Zakia (Teknik Informatika), Sanda (Teknik Kimia), Azifa dan Wika dari Prodi Ilmu Komunikasi.

Dalam pelaksanaan KKN keempat orang ini memilih pengabdian yang berkaitan dengan Covid-19. Mereka secara bersama-sama memberikan edukasi serta mensosialisasikan cara-cara agar bisa terhindar dari Covid-19. Edukasi yang dilakukan adalah tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing dan juga pentingnya menggunakan masker kepada warga desa.

Selain hal tersebut, mahasiswa KKN ini juga terlibat aktif dalam membantu petugas satgas Covid-19 yang dibentuk oleh Pemerintah Desa. Seperti yang dilakukan pada hari Senin (4/5/2020) dengan ikut berjaga di portal masuk desa bersama aparat desa dan juga babinsa dari TNI-AD.

Menurut Zakia, mulai hari Senin (4/5/2020)Desa  Alur Cempedak mulai memberlakukan wajib masker kepada warga yang hendak keluar masuk desa tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan akan bahaya virus Covid-19.

Sementara itu, Zulfadli MH yang merupakan Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa tersebut memberikan saran agar selama KKN, mahasiswa harus selalu berkoordinasi dengan pihak desa terhadap segala kegiatan yang sudah direncanakan selama KKN.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar