Cegah Covid-19, Mahasiswa Cek Suhu Tubuh Pengunjung Pasar

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal bersama geuchik melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung di Pasar Senin gampong Cot Girek Kabupaten Aceh Utara, Senin (4/5/2020). FOTO; IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H menjadikan aktivitas di pasar sebagai salah satu pusat perbelanjaan semakin meningkat. Hal ini juga mulai terlihat pada Pasar Senin yang berada di Gampong Cot Girek Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara.

Peningkatan aktivitas ini terlihat dari makin ramainya orang yang datang ke pasar dibandingkan dengan hari biasa. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bagi Geuchik Cot Girek, Wagimin.

Menurut Wagimin, harus ada upaya antisipasi yang dilakukan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan di masa pandemi Covid-19 ini. “Kita tidak ada data yang pasti, siapa saja yang berkunjung ke pasar ini, kan tidak semuanya juga warga Gampong Cot Girek,” terang Wagimin.

Dilatarbelakangi kondisi tersebut mahasiswa KKN Unimal Kelompok 106 berupaya membantu geuchik dengan cara melakukan pengecekan suhu tubuh kepada pedagang dan pengunjung pasar.

Mahasiswa KKN Kelompok 106 ini terdiri dari enam orang yakni, Ariansyah, Yuniarti Lisa, Dara Mutia, Arni Astuti Kurniasih dan Mauliza Husna. Para mahasiswa ini melakukan kegiatan ini pada Senin (4/5/2020).

Pengecekan suhu tubuh ini penting untuk mengetahui gejala orang yang terkena Corona. “Alhamdulillah dari pemeriksaan yang kami lakukan hingga aktivitas pasar selesai tidak ada ditemukan orang yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat,” ujar Ariansyah yang merupakan Ketua Kelompok 106.

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ferdy Saputra MH mengingatkan mahasiswa bahwa kegiatan tersebut bukan hanya untuk  sekedar menjalankan salah satu program KKN saja, tetapi jauh lebih penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya wabah Covid 19. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Pencegahan dini dari wabah Covid-19 itu sendiri, jelas Ferdy.

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, mahasiswa KKN bersama geuchik juga membagikan masker kepada pengunjung yang datang tanpa menggunakan masker.[ryn]

Baca Juga; Ini Arahan Wakapolres Kota Lhokseumawe kepada Mahasiswa KKN Unimal


Kirim Komentar