Cegah Covid, Mahasiswa KKN-BK Bagikan Tong Cuci Tangan

SHARE:  

Humas Unimal
Nova Sandy Purwosetyoko, mahasiswa KKN BK Universitas Malikussaleh menyerahkan tong untuk mencuci tangan ke kantor Desa Sei Alim Ulu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. FOTO IST

UNIMALNEWS | Kisaran – Pandemi Covid-19 telah menjadikan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh mengalami perbedaan jika dibandingkan dengan pelaksanaan periode sebelumnya. KKN kali ini memiliki 10 skema yang bisa dipilih  salah satu oleh mahasiswa yang akan mengikutinya.

Seperti yang dilakukan oleh Nova Sandy Purwosetyoko, mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi yang berasal dari Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan yang   memilih KKN Balik Kampung (BK). KKN BK sendiri merupakan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa di daerah asalnya. Programnya pun disesuaikan dengan apa yang bisa dijadikan bentuk pengabdian oleh mahasiswa di daerah tersebut. Dalam melaksanakan KKN ini Nova dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Nursanjaya MPd.

Nova memilih membuat tong untuk mencuci tangan yang kemudian dibagikan ke beberapa tempat yang ada di Desa Sei  Alim Ulu Kecamatan Air Batu, Asahan pada Sabtu (2/5/2020). Nova memodifikasi sebuah ember berukuran sedang dengan menambahkan keran air di bagian bawahnya.

“Tong ini fungsinya agar warga yang akan memasuki rumah bisa mencuci tangan terlebih dahulu setelah beraktivitas di luar,” kata Nova.

Kepala Desa Sei Alim Ulu, Mahmudi sangat senang dengan apa yang telah dilakukan Nova. “Tidak banyak anak muda yang kreatif seperti Nova di desa ini. Semoga apa yang dilakukan Nova bisa dicontoh oleh pemuda lain di desa ini,” harap Mahmudi.

Nova membagikan tong yang sudah dibuatnya itu ke balai desa, warung yang menjual sembako, bidan desa dan musala.[ryn]

 


Kirim Komentar