Mahasiswa KKN Beri Penyuluhan Amanat Mendes

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 28 sedang menempelkan selebaran di salah satu rumah warga, Senin (4/5/2020). FOTO; IST

UNIMALNEWS | Kisaran – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan ini membantu pemerintah desa melakukan penyuluhan ke rumah-rumah warga. Mahasiswa ini terdiri dari empat orang dan tergabung ke dalam Kelompok 28. Mereka adalah Aditya Pratama Hasibuan (Agribisnis),  Putri Octapia Saragih (Ilmu Komunikasi), Syahnia Rezkia Rangkuti (Teknik Industri) dan Devi Sari Dewi (Akuakultur).

Adapun penyuluhan yang dilakukan terkait Covid-19. Selain memberikan penyuluhan para mahasiswa ini juga membagikan dan menempelkan selebaran ke setiap rumah dan tempat ibadah yang ada di Desa Air Genting.

Menurut Aditya, kegiatan yang mereka lakukan pada Senin (4/5/2020)bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Covid-19. Selebaran yang mereka bagi dan tempelkan pada setiap rumah warga itu berisikan imbauan Pemerintah Desa Air Genting tentang hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari Covid-19. Di dalam selebaran tersebut juga berisikan tentang Edaran Kepala Desa tentang menerima tamu, pemakaman serta kegiatan pengamanan lingkungan pada masa Covid-19.

Kepala Desa Air Genting, Djaroddi SE menyebutkan bahwa penyuluhan yang disampaikan kepada warga, baik secara lisan maupun membagikan dan menempelkan selebaran ini sesuai dengan amanat dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sri Haryanto.

Ada lima tugas khusus perangkat desa dalam menanggulangi Covid-19 yaitu perangkat desa harus mampu mengelola kendali informasi terkait Covid-19, perangkat desa dapat membuat pranata sosial baru yang sesuai dengan kebutuhan desa, dan yang juga penting adalah bagaimana agar perangkat desa bisa memberikan informasi terkait Covid-19 setiap hari.

Selain dengan menyebar dan menempelkan selebaran, perangkat desa juga membuat banner atau spanduk yang berisikan informasi mengenai imbauan terkait penyebaran Covid-19 di beberapa tempat seperti, posko Gugus Tugas Covid-19, puskesmas, kantor kepala desa dan di tugu masuk Desa Air Genting," terang Djaroddi.

Sementara dosen pembimbing lapangan (DPL) kelompok 28, Deassy Siska MSc berharap, semoga dengan adanya penyuluhan yang sifatnya rumah ke rumah ini masyarakat di Desa Air Genting dapat memahami maksud dan tujuan penyuluhan yang diberikan oleh Satgas dan Tim KKN Unimal, sehingga mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.[ryn]

Baca Juga: Mahasiswa KKN BK Bagikan Masker Kepada Pedagang Takjil


Kirim Komentar