Dari Asahan Mahasiswa KKN Unimal Semprot Disinfektan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal di Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Rabu (6/5/2020). FOTO;IST

UNIMALNEWS | Kisaran - Pemerintah Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan bersama mahasiswa KKN Kelompok 28 Universitas Malikussaleh tahun 2020 melakukan penyemprotan disinfektan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), di lingkungan desa setempat, Rabu (6/5/2020). 

Penyemprotan dilakukan oleh empat orang mahasiswa KKN Kelompok 28 Universitas Malikussaleh tahun 2020 diantaranya, Putri Octapia Saragih (Ilmu Komunikasi), Syahnia Rezkia Rangkuti (Teknik Industri), Devi Sari Dewi (Akuakultur), dan Aditya Pratama Hasibuan (Agribinis) didampingi tim gabungan TNI, Dinas Kesehatan, dan tim relawan Gugus Tugas Covid-19 Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Dalam tempat terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 28 KKN Unimal Deassy Siska MSc memberi support kepada para mahasiswa KKN ini, kesehatan adalah modal utama untuk dapat tetap beraktifitas bersama masyarakat “Disinfeksi merupakan suatu pencegahan dari berbagai jenis organisme berbahaya, baik virus, bakteri maupun jamur, yang bisa menyebabkan penularan penyakit. Penyemprotan disinfektan bisa memininalisasi semua hal itu”, ujarnya.

Penyemprotan dilakukan di rumah warga dan tempat ibadah yang ada di dusun III Desa Air Genting. Mahasiswa KKN Unimal Putri kepada Unimalnews, Kamis (7/5/2020) mengatakan penyemprotan dilakukan secara bertahap, wilayah lainnya nanti juga akan mendapat penyemprotan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah desa", katanya. 

Adapun bahan disinfektan diracik dan dibuat oleh masyarakat secara mandiri mengingat sulitnya mencari disinfektan di pasaran. Pembuatan dilakukan dengan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volumenya.

Selain itu, sang kepala desa, Djaroddi berpesan agar menerapkan hidup bersih dan sehat, sering cuci tangan minimal 30 menit sekali. “Yang terpenting ikuti anjuran pemerintah berkaitan pencegahan penyebaran virus corona. Perhatikan warga yang datang dari luar kota. Mereka harus melapor kepada tenaga kesehatan dan Posko Gugus Tugas Covid-19 Desa Air Genting," pungkasnya. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar