Pembersih Tangan dibagikan Mahasiswa KKN Aceh Tenggara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan KKN di Desa Rikit Bur II Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (6/5/2020). FOTO; IST

UNIMALNEWS | Kutacane - Guna menangkal penyebaran virus corona, mahasiswa KKN Unimal kelompok 93 membagikan pembersih tangan (hand sanitizer) alami di Desa Rikit Bur II Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara pada Rabu (06/05/2020). 

Pembersih tangan alami ini diyakini dapat menangkal penyebaran virus corona sebagai pengganti hand sanitizer umumnya. 

Cairan alami yang dibuat oleh mahasiswa bimbingan Dr Zulnasri ini berbahan dasar daun sirih dan jeruk nipis.

Zulnazri mengatakan sejak dulu sirih telah digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka). Karena daun sirih memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat juga dipakai sebagai pencegah gigi berlubang, obat gatal pada kulit, dan sakit perut.

Sama kaya manfaatnya dengan sirih, jeruk nipis juga mengandung antioksidan alami berupa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan dapat membunuh racun. Tentunya sangat ampuh jika daun sirih dan jeruk nipis ini dibuat sebagai bahan disinfektan untuk membunuh virus corona. 

Pemilihan ekstrak daun sirih dan jeruk nipis sebagai bahan dasar pembersih alami dikarenakan profesi para penduduk desa Rikit Bur II yang dominannya adalah petani kebun dan sawah. Banyak dedaunan herbal yang mereka miliki di kebun atau sawah mereka termasuk daun sirih dan buah jeruk nipis sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam sekitarnya tanpa harus menguras uang dalam-dalam. 

Harapannya, masyarakat yang memiliki perekonomian  menengah ke bawah agar tetap berpartisipasi dalam mencegah virus ini, dengan selalu menjaga diri serta keluarga dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.[tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar