Ciptakan Kenyamanan Ibadah Ramadan, Mahasiswa KKN Bersihkan Lingkungan Masjid

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 99 di Desa Bandar Selamat I Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Rantau Prapat - Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Pada bulan ini umat Muslim banyak meluangkan waktu untuk berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan guna mendapatkan pahala yang berlimpah.

Namun, Ramadan kali ini berbeda dengan sebelumnya, Ibadah di bulan Ramadan kali ini dihadapi dengan rasa keprihatinan dan kewaspadaan pada virus Covid-19. Walaupun suasana pendemi Covid-19 belum berakhir, sebagian warga tetap berusaha hikmat menjalani ibadah di bulan suci.

Seperti terlihat di Masjid Rohani Desa Bandar Selamat I Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu. Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, semangat beribadah yang ditunjukkan oleh warga desa tidak berkurang.

Hal itu diutarakan oleh Achmad Zulfahri, Ketua Kelompok 99 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh kepada Unimalnews, Sabtu (/9/5/2020). Menurut Zulfahri, apa yang dilihatnya di lokasi KKN ini menjadikan munculnya ide untuk membersihkan lingkungan masjid bersama anggota KKN lainnya.

Kegiatan ini dimulai dari membersihkan Masjid Rohani, dan selanjutnya akan dilakukan secara bergilir pada masjid dan musala yang ada di Pulo Padang yang merupakan nama salah satu kelurahan yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan membersihkan masjid ini meliputi menyapu dan mengepel areal bangunan dan tempat berwudu, membersihkan kaca jendela serta melakukan penghijauan dengan menanam beberapa pohon pelindung di sekitar lingkungan masjid.

Tujuan dari membersihkan masjid ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan warga dalam beribadah. Hal lainnya adalah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,ujar Zulfahri.

Dalam pelaksanaan KKN ini, Kelompok 99 mendapatkan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dwi Fitri MA yang merupakan staf pengajar di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unimal, pungkas Zulfahri.[ryn]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar