Mahasiswa Unimal Praktikkan Penanaman Hidroponik di Lokasi KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 88 sedang mempersiapkan media tanaman hidroponik di Desa Jambo Mayang Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Tapaktuan - Banyak hal yang sudah diketahui oleh masyarakat untuk terhindar dari Covid-19. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah dan terus menerapkan physical distancing.

Selain hal tersebut ada juga hal lain yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus Covid-19 ini, seperti menjaga asupan makanan sehari-hari. Asupan gizi dan makanan yang dimakan erat kaitannya dengan pembentukan imunitas tubuh seseorang. Makanan yang sehat jelas menjadi kunci agar asupan gizi yang masuk ke tubuh terjaga.

Mangantisipasi hal tersebut mahasiswa KKN Kelompok 88 di Desa Jambo Mayang Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan mempraktikkan menanam sayuran dengan media hidroponik. Sayuran yang mereka tanam adalah selada dan pokcoy.

Ketua Kelompok 88, Salman Akbal kepada Unimalnews, Minggu (10/5/2020) mengatakan kelebihan dari bercocok tanam dengan hidroponik ini terletak pada penggunaan lahan yang lebih efisien dimana tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah. Selain itu kelebihan lainnya adalah kualitas dan kuantitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih, penggunaan pupuk lebih efisien, serta pengendalian hama lebih mudah.

Dipilihnya sayuran selada dan pokcoy pada penanaman kali ini dikarenakan  kedua sayuran ini dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan jantung, ucap Salman.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 88, Dr Yulia menyebutkan bahwa program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN merupakan sesuatu yang baik dan akan memberikan banyak manfaat, salah satunya  yaitu memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. “Hidroponik ini sangat bagus jika dijadikan sebagai hobi. Semoga dengan apa yang sudah dilakukan oleh mahasiswa tersebut, bisa dicontoh oleh warga di lokasi KKN,” tutup Yulia.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar