Mahasiswa KKN Cek Suhu Badan Pengunjung di Puskesmas Dewantara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 165 melakukan kegiatan pengecekan suhu kepada seluruh pengunjung atau pasien di Puskesmas Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat (15/5/2020). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 165 melakukan kegiatan pengecekan suhu kepada seluruh pengunjung atau pasien di Puskesmas Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat (15/5/2020).

Nur Azizah mahasiswi Program Studi Teknik Informatika kepada Unimalnews mengatakan, salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 yaitu melakukan pengecekan suhu kepada seluruh pegawai dan pasien yang berkunjung ke Puskesmas dengan menggunakan alat thermometer genggam yang dilengkapi dengan inframerah atau disebut dengan thermometer tembak.

"Kegiatan ini kami lakukan di depan pintu masuk Puskesmas dengan cara mengarahkan ujung thermometer ke dahi para pasien atau pegawai yang datang," katanya.

Lanjutnya, pengecekan suhu tersebut sebagai bentuk antisipasi tersebarnya  gejala Covid-19. Apalagi mereka bagian dari relawan Covid-19 di Puskesmas setempat.

"Ini sebagai bentuk antisipasi dan juga mengikuti peraturan pemerintah tentang protokuler kesehatan," tutur Azizah.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Romi Asmara MHum menyebutkan setiap pasien dan pegawai yang berada di Puskesmas Dewantara harus dilakukan pengecekan suhu. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi agar tidak adanya pasien atau pegawai Puskesmas Dewantara yang mengalami virus tersebut.

"Jadi, sedini mungkin kita harus mencegahnya supaya tidak ada yang terindikasi virus tersebut,” imbuhnya.[tmi].


Kirim Komentar