Taman Herbal Mahasiswa KKN di Abdya

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 05 di Desa Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya sedang membuat taman herbal, Selasa (12/5/2020). Foto Ist

UNIMALNEWS | Blangpidie – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya membuat taman yang berisikan tanaman herbal, Selasa (12/5/2020).

Mahasiswa ini terdiri dari 4 orang yaitu Mustawa dari Prodi Ilmu Politik, Ifutya Warnisa dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Rizki Firmansyah dari Prodi Agroekoteknologi, dan Melda Arisa dari Prodi Akuakultur. Mereka semua tergabung ke dalam Kelompok 05 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Anwar Puteh ME.

Menurut Ifutya, penanaman tanaman herbal ini bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat setempat di tengah pandemi Covid-19. Tanaman tersebut dapat digunakan sebagai bahan ramuan herbal guna mencegah berbagai penyakit, khususnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terdapat 13 jenis tanaman yang ditanam oleh mahasiswa KKN yakni; kunyit, lengkuas, temulawak, serai, mahkota dewa, sambiloto, jerangau, kencur, cocor bebek, kumis kucing, bidara, bunga serunai/seruni, dan keji beling.

Tujuan penanaman tanaman herbal ini agar masyarakat kelak dapat memanfaatkan hasil dari tanaman herbal tersebut walaupun pandemi Covid-19 berakhir nantinya. “Semua tanaman herbal tersebut memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh, khususnya. Sehingga, sangat cocok dimanfaatkan di situasi saat ini," ujar Ifutya.

Pembuatan taman herbal ini mendapatkan dukungan dari keuchik Desa Padang Geulumpang, Darul Arkam. “Penanaman tanaman herbal sangat baik dan efisien karena dapat mendukung kebutuhan masyarakat akan kesehatan di tengah covid-19 ini,” ujar Darul Arkam.[ryn]


Kirim Komentar