Mahasiswa KKN di Simeuleu Imbau Warga Tidak Sembarangan Buang Sampah

SHARE:  

Humas Unimal
Edo Ilham Firdani, mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan KKN di Desa Kota Batu Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue sedang memasang Papan Peringatan agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Sinabang – Edo Ilham Firdani merupakan salah seorang mahasiswa Universitas Malikussaleh  yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK). Edo yang berasal dari Prodi Teknik Sipil ini melaksanakan KKN-BK di Desa Kota Batu, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Dalam pelaksanaan KKN, Edo seringkali mendapati warga yang membuang sampah sembarangan. Terkadang ada yang juga membuang sampah ke sungai.

Melihat hal tersebut Edo mempunyai ide untuk mengimbau warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Edo melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga tentang hal buruk yang dapat timbul dari kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Tidak hanya melakukan imbauan, Edo juga membuat papan peringatan agar warga tidak lagi membuang sampah pada beberapa lokasi.

Kepada Unimalnews, Rabu (13/5/2020), Edo mengatakan bahwa, membuang sampah di sembarang tempat dapat mengurangi keindahan dan kebersihan desa. Selain itu apabila sampah dibuang ke sungai, maka hal tersebut dapat mengakibatkan tercemarnya air sungai sehingga bisa mematikan ikan yang ada di sungai itu.

"Ketika seseorang membuang sampah sembarangan maka sebenarnya itu mencerminkan kualitas kepeduliannya pada lingkungan dan orang-orang sekitar,” ucap Edo.

Pemasangan papan peringatan dilakukan karena tidak adanya imbauan atau peringatan bagi warga Desa Kota Batu agar tidak membuang sampah di sungai. Edo berharap dengan adanya papan peringatan tersebut dapat menghilangkan, atau paling tidak mengurangi kebiasaan warga yang membuang sampah ke sungai.

Sementara itu secara terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Deassy Siska MSc menyampaikan bahwa seharusnya pada masa pandemi Covid-19 ini warga sebaiknya lebih meningkatkan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk dengan tidak membuang sampah di sungai atau sembarang tempat.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar