Lama Tak Difungsikan, Mahasiswa KKN Bersihkan Meunasah Desa

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN bersama warga sebelum membersihkan sebuah meunasah di Dusun Lamainong Desa Padang Sikabu Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Blangpidie – Sebuah meunasah di Dusun Lamainong Desa Padang Sikabu Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya sudah lama tidak difungsikan untuk pelaksanaan ibadah oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan desa sudah memiliki sebuah masjid yang memiliki fasilitas lebih baik.

Namun seiring dengan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan, dimana ada pelaksanaan salat Tarawih di malam hari, beberapa warga menyampaikan niat kepada mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah tersebut untuk memfungsikan kembali meunasah.

Niatan ini disambut baik oleh mahasiswa KKN. Empat orang mahasiswa yang berasal dari tiga kelompok berbeda melakukan gotong royong membersihkan kembali meunasah tersebut. Para mahasiswa itu adalah Ifutya Warnisa dan Rizki Firmansyah dari Kelompok 05, Putri Sinta dari Kelompok 20 dan Yulvia Ariska dari Kelompok 21.

Ifutya mengatakan kepada Unimalnews, Sabtu (16/5/2020) bahwa yang melakukan gotong royong ini hanya mereka berempat dikarenakan anggota kelompok lain sedang melakukan program lainnya.

Hampir semua bagian meunasah dibersihkan oleh mahasiswa KKN diantaranya bak wudu, lantai meunasah, plafon, jendela, halaman dan lainnya. Melihat semangat para mahasiswa membersihkan meunasah, beberapa warga datang untuk ikut membantunya.

“Perihal meunasah yang diaktifkan kembali dikarenakan beberapa warga yang sudah lanjut usia, tidak mampu pergi ke masjid yang berjarak cukup jauh untuk melaksanakan salat Tarawih, begitu juga halnya dengan warga lainnya," ujar Syaiful, salah seorang warga desa.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar