Jeruk Nipis Jadi Bahan Pembuat Pembersih Tangan Mahasiswa KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 21 sedang meracik bahan-bahan untuk pembuatan cairan pembersih tangan. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Blangpidie – Menuju akhir pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Universitas Malikussaleh yang tergabung ke dalam Kelompok 21 membuat hand sanitizer (pembersih tangan) untuk kemudian dibagikan kepada warga. Walaupun sudah hampir berakhir, namun mahasiswa KKN tetap bersemangat melaksanakan program yang sudah direncanakan.

Kelompok 21 melaksanakan KKN di Desa Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa Kecamatan Aceh Barat Daya (Abdya). Kelompok ini beranggotakan Yulvia  Ariska(Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia), Maulida Noviana (Prodi Pendidikan Matematika) dan Tarmizi (Prodi Teknik Mesin). Mereka dalam melaksanakan KKN dibimbing oleh Chairil Akhyar MSi.

Menurut Tarmizi selaku Ketua Kelompok 21 kepada Unimalnews, Sabtu(/16/5/2020), program pembuatan pembersih tangan dengan bahan alami di tengah pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk terhindar dari virus tersebut. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan pembersih tangan merupakan salah satu cara yang efektif agar tidak terpapar Covid-19.

Adapun bahan pembuat pembersih tangan ini adalah daun sirih dan jeruk nipis. Kedua bahan tadi dicampurkan dengan air panas.  Bahan pembuat cairan pembersih tangan ini sangat mudah ditemukan di pasaran, sehingga bisa diproduksi sendiri juga nantinya, ucap Tarmizi.

Selanjutnya, pembersih tangan ini dibagikan kepada warga desa agar bisa digunakan sehari-hari.[ryn]


Kirim Komentar