100 Pencuci Tangan Dibagikan Gratis di Puskesmas Dewantara oleh Mahasiswa KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 165 membagikan sabun pencuci tangan di Puskesmas Kecamatan Dewantara, Jumat (15/5/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon -  Mahasiswa KKN Covid-19 Kelompok 165 Universitas Malikussaleh melakukan program kerja terakhir mereka di Puskesmas Kecamatan Dewantara, Aceh Utara pada Jumat (15/5/2020).

Kegiatan pamungkas mereka ialah sosialisasi dan pembagian 100 buah pencuci tangan (hand wash) secara gratis kepada para pengunjung Puskesmas. 

Pembagian cuci tangan itu turut dihadiri Romi Asmara M Hum selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Rika Nurida, Ketua Kelompok KKN 165 mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan edukasi ke masyarakat bahwa pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas guna pencegahan kuman, termasuk Covid-19. Kegiatan ini  mengajarkan kepada masyarakat cara mencuci tangan yang benar.

Pembuatan dan pembagian pembersih tangan ini sangat penting dilakukan. Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang sangat rentan dengan kotoran. 

Tanpa disadari, pada saat menyentuh dan menggaruk tangan telah membawa dan menularkan penyakit ke area sensitif seperti mata, mulut, dan hidung. Maka dari itu kebersihan tangan harus selalu dijaga  setiap saat, terutama setelah melakukan kegiatan dengan sabun dan cairan antiseptik lainnya sekitar 20 detik. 

‘’Kami berharap setelah kami melakukan sosialisasi dan pembagian hand wash secara gratis ini akan memberikan efek domino kepada masyarakat dan instansi lainnya," ungkapnya.

Aksi bagi-bagi ini berjalan lancar tanpa kendala.  Respons  masyarakat yang berkunjung di Puskesmas atau para pegawai sangat baik. Karena selama ini kegiatan seperti ini tidak dapat dilakukan Puskesmas karena tiadanya anggaran, ungkap Rika. [tkf]


Kirim Komentar