Kelompok 352 Dukung Ketahanan Pangan Melalui Toga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh dari Kelompok 352 menanam sayuran dan tanaman obat keluarga (toga) di Kelurahan Tualang, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Tebing Tinggi – Ketahanan pangan dan kesehatan menjadi perhatian serius dalam masa pandemi Covid-19. Untuk mendukung program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan dan menjaga kesehatan, mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh dari Kelompok 352 menanam sayuran dan tanaman obat keluarga (toga) di Kelurahan Tualang, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Ketua Kelompok 352, Dicky Irawan, menuturkan ketidakjelasan waktu kapan pandemi akan berakhir berpotensi menggangu ketersediaan, stabilitas, dan askes pangan. Oleh karena itu katanya, menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu program prioritas dari Kelompok 352.

Tanaman sayur dan tanaman obat-obatan yang menjadi pilihan dari kelompok ini. Selain untuk menjaga ketahanan pangan, tanaman obat-obatan juga menjadi pendukung dalam memperkuat imunitas tubuh seperti tanaman kunyit, jahe, serai, dan lain-lain.

Kelompok 352 terdiri dari enam mahasiswa yang diketuai Dicky Irawan (Agroekoteknologi) serta anggotanya Bagus Rianda Tarigan (Agroekoteknologi), Mhd Yudistira Pratama Purba (Agroekoteknologi), Ersa Ramadhany (Agroekoteknologi), Ulfa Khairani (Sosiologi), dan Niken Ayudia (Teknik Industri) yang dibimbing Subhani M Si.

Menurut Dicky, sayuran dan toga tersebut diperuntukkan bagi masyarakat setempat. Warga bisa mengambil tanaman tersebut tetapi diharapkan menanam kembali. “Kami mengangkat motto, ‘silakan ambil dan tanam kembali’ agar tanaman bisa terus dirasakan manfaatnya,” ujar Dicky, baru-baru ini.

Dengan motto tersebut, Kelompok 352 mengharapkan adanya keberlangsungan pangan di tengah masyarakat. Ada pun tanaman sayur yang ditanam yaitu kangkung, bayam, sawi, kacang panjng, dan pakcoy. [ayi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar