Mahasiswa KKN-BK 164 Desain Rawa-Rawa Menjadi Lahan Edukasi dan Rekreasi di Ujong Blang

SHARE:  

Humas Unimal
Desain Rawa-Rawa Menjadi Lahan Edukasi dan Rekreasi di Ujong Blang. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata – Balik Kampung (KKN-BK) membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat di tempat mereka mengabdi dengan berbagai kegiatan, termasuk menjadikan lahan yang tidak terurus menjadi taman yang layak dikunjungi untuk melepaskan penat atau berekreasi.

Menyulap lahan yang sebelumnya berwujud rawa-rawa dan tidak tertata dengan rapi menjadi Lahan edukasi dan rekreasi dilakukan oleh mahasiswa KKN-BK kelompok 164 Universitas Malikussaleh di Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 164 yaitu Yuni Safara, Syafiqah Qamara, Khana Rekha Putri, Raihanum Mariah, dan Vira Nalita. Mereka semua dari Prodi Arsitektur yang dibimbing oleh Dr Zulnazri.

Dari rilis yang diterima Unimalnews, Rabu (11/11/2020), Yuni Safara mengatakan, mahasiswa Unimal merancang dan menata ulang lahan bekas rawa-rawa itu menjadi tempat untuk menjadi apotik hidup, rumah pembibitan, tempat pembuatan pupuk kompos, kolam ikan, pondok baca dan taman bunga.

“Lahan itu awalnya rawa-rawa, yang merupakan milik pak Azhari (salah seorang warga Ujong Blang), sudah beberapa kali diperbaiki, tapi belum tertata dengan rapi,”katanya.

Kemudian, mahasiswa membantu mendesain ulang lahan edukasi dan rekreasi tersebut sehingga lebih tertata dan menarik untuk dikunjungi.

“Kami berharap lahan edukasi dan rekreasi yang telah ditata dengan rapi dan indah ini bisa menjadi tempat rekreasi lain di Gampong Ujong Blang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Yuni.

Pemilik lahan, Azhari menyebutkan, dengan dibantu mahasiswa, maka akan semakin meningkatkan semangat masyarakat untuk mengelola lahan yang bisa bermanfaat menjadi taman wisata dan rekreasi dan edukasi.

“Umumnya masyarakat Gampong Ujong Blang bekerja sebagai nelayan, dengan adanya lahan atau taman ini, mereka juga bisa bercocok tanam dan bisa menambah penghasilan,” ujar Azhari.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr Zulnazri  mengatakan, re-desain lahan bekas rawa-rawa  menjadi lahan yang bermanfaat untuk masyarakat merupakan kegiatan yang sangat baik.

“Selain dapat bermanfaat sebagai tempat rekreasi, tempat ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat pendidikan dan edukasi,” sebut Zulnazri.

Zulnazri menyebutkan, pengembangan lahan edukasi dan rekreasi berupa lahan pertanian dan perikanan yang indah dan tertata dengan rapi juga sangat menarik dibuka di Gampong Ujong Blang mengingat gampong ini berada di pinggir pantai yang indah.

“Sehingga wisatawan yang datang ke Ujong Blang tidak hanya bisa menikmati wisata pantai, tapi juga dapat singgah dan menikmati wisata edukasi dan rekreasi yang tertata di rawa-rawa ini, dengan kedatangan wisata akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar lokasi wisata,” tambah Zulnazri.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar