Mahasiswa KKN 253 Unimal Terlibat dalam Launching Rumah Gizi Gampong di Aceh Tamiang

SHARE:  

Humas Unimal
Para peserta peresmian Rumah Gizi Gampong Kampung Suka Rakyat, Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang usai acara. Foto:Ist

UNIMALNEWS | Karang Baru – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Kelompok 253 Universitas Malikussaleh ikut serta dalam peresmian Rumah Gizi Gampong (RGG) Kampung Suka Rakyat Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang. Acara yang digelar beberapa waktu yang lalu ini merupakan  salah satu upaya  pencegahan anak yang lahir stunting dan ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK).

Kegiatan ini dihadiri oleh Datok Penghulu Kampung Suka Rakyat, Camat Rantau Aceh Tamiang, Kepala Puskesmas Sapta Jaya, Ibu-Ibu PKK Kecamatan, anak-anak penderita stunting yang didampingi oleh orang tua masing-masing, serta para ibu hamil KEK.  Eka Putri Rahayu dan Ardia Frasiska yang merupakan mahasiswa KKN Kelompok  253 dari Prodi Ilmu Administrasi Publik menjadi bagian penyelenggaraan kegiatan ini dengan masing-masing menjadi pembawa acara dan pembaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Rumah Gizi Gampong merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat desa dalam upaya pencegahan stunting dan ibu hamil KEK. “Dengan adanya Rumah Gizi Gampong ini, saya berharap dapat membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak sehingga akan melahirkan generasi yang baik dan unggul, baik fisik maupun psikis,” ungkap Datok Penghulu Kampung Suka Rakyat, Joni Sutrisno.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Puskemas Sapta Jaya Kecamatan Rantau, Amrin SKep tidak lupa memberikan arahan dan pengetahuan tentang stunting dan KEK. “Suka Rakyat merupakan salah satu desa terbaik pelaksanaan RGG dari enam desa wilayah kerja kami. Saya berharap RGG di Kampung Suka Rakyat dapat berjalan terus dan bisa terlaksana dengan baik sehingga anak-anak dan ibu hamil mendapatkan pola asupan gizi yang cukup,” tambah Amrin. Acara launching Rumah Gizi Gampong ini ditutup dengan pemberian bingkisan berupa makanan bergizi untuk anak penderita stunting dan ibu hamil KEK.

Selain Eka Putri Rahayu dan Ardia Frasiska, Kelompok KKN 253 beranggotakan beberapa orang mahasiswa lain, yaitu Azmara Yazed Pratama (Teknik Industri), M Hafiz Wiranda (Teknik Informatika), dan Nurliana Safitri (Teknik Arsitektur) dan dibimbing oleh Lidya Rosnita MKom sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL). [kur]


Kirim Komentar