Kelompok 333 Sosialisasi dan Data Ikut Kesehatan Warga

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh dari Kelompok 333 melakukan sosialisasi dan  pendataan kesehatan masyarakat di Gampong Paya Punteut, Kecamatan Muara Dua, Kota  Lhokseumawe, awal November lalu. Foto: Ist.

UNIMALNWES | Punteut  – Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh dari Kelompok 333 melakukan sosialisasi dan  pendataan kesehatan masyarakat di Gampong Paya Punteut, Kecamatan Muara Dua, Kota  Lhokseumawe, awal November lalu.

Kegiatan ini dilakukan bersama perawat Pustu Gampong Paya Puntet. Pendataan ini dilakukan mulai tanggal 1 - 10 November 2020. Pendataan dilaksanakan dari dusun ke dusun agar semuanya tetap terdata.

Selain sosialisasi, petugas kesehatan juga melakukan pendataan bagi orang yang sakit demam, batuk, pilek, dan sesak dengan mengecek kondisi pasien/warga tersebut dari pintu ke pintu.

“Bagi warga yang demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan hingga sesak napas,  petugas kesehatan menyarankan agar melakukan isolasi mandiri di rumah dan kalau bisa pergi ke pustu terdekat,” Ketua Kelompok 333, Ilham, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pendataan dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan warga sekitar. Target utama pendataan ini adalah lansia, anak-anak, balita serta ibu hamil yang rentan terkena atau terpapar virus Covid-19.

Mahasiswa Kelompok 333 turut membantu dalam sosialisasi dan sistem pendataan warga yang mana nantinya dapat mengetahui warga yang sakit.

Marlina selaku bidan Pustu Gampong Paya Puntet menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri dan anggota keluarga.

Mahasiswa Kelompok 333 turut menyampaikan arahan kepada warga untuk tetap mengikuti panduan protokol kesehatan, selain itu juga memaparkan apa saja yang harus dilakukan di era new normal ini. “Untuk itu kita tetap mengikuti arahan panduan yang sudah ditentukan dan tetap jaga diri jaga keluarga agar terhindar dari pandemi ini,” tutup Ilham.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 333, Romi Asmara M Hum, mengatakan dengan dilakukannya kegiatan ini, masyarakat dapat segera melaporkan diri jika mengidap penyakit demam atau yang mengarah kepada Covid-19,  sehingga pemantauan dan pengobatan bisa dilakukan dan penyebaran bisa dihindari. [ayi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar