Pentingnya Menjaga Kebersihan Laut Untuk Pembangunan Berkelanjutan

SHARE:  

Humas Unimal
SUASANA pembukaan seminar Nasional yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Kelautan (Himaika) Universitas Malikussaleh (8/4/2019)

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban semua warga masyarakat, termasuk kebersihan laut. Menjaga laut agar tetap bersih berarti menjaga agar laut masih bisa dinikmati oleh generasi setelah kita. Kebersihan laut merupakan sebuah investasi untuk masa depan, dimana jika kita menjaga kebersihan laut berarti secara tidak langsung kita  juga turut menjaga kelestarian lingkungan  agar dapat dinikmati secara berkelanjutan. Hal itu disampaikan oleh Abdus Syakur, M.Si  dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh ketika menjadi narasumber dalam Seminar Nasional  yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (Himaika) pada  Senin (8/4/2019).

Kebersihan laut ini menjadi sesuatu hal yang sangat berdampak bagi kehidupan manusia, makanya sangat perlu dijaga, Selain sebagai investasi agar keindahannya bisa terus dinikmati, ternyata kebersihan laut juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya ujar narasumber lain yakni Dr. Erniati staff pengajar di Fakultas Pertanian Unimal. Peningkatan kesejahteraan masyarakat itu salah satunya dengan pemanfaatan sumberdaya rumput laut.  Sebagaimana diketahui bahwa rumput laut bisa dimanfaatkan sebagai olahan makanan atau juga untuk kosmetik dalam dunia kedokteran.

Kehadiran rumput laut saat ini sudah mulai mengalami penurunan, dimana hal ini disebabkan dengan telah tercemarnya lingkungan tempat rumput laut itu tumbuh. Pencemaran itu bisa jadi dari sampah-sampah yang dibuang ke lautdan atau juga dari limbah-limbah yang dibuang langsung ke laut tanpa sebelumnya dilalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sehingga apa yang disampaikan oleh Bapak Abdus Syakur tentang pentingnya kebersihan laut itu sangat benar ungkap Erni.

Seminar Nasional ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian Rakerwil Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himitekindo) wilayah Sumatera yang mana  pada tahun 2019 ini dipercayakan pelaksanaannya kepada Himaika Universitas Malikussaleh.

Intan Mulia, Ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa selain seminar Nasional , dilaksanakan juga kegiatan penyuluhan tentang arti penting kebersihan laut kepada masyarakat yang tempatnya dilaksananakan di Desa  Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Selain penyuluhan juga dilakukan simulasi bersih pantai bekerjasama dengan Sahabat Laut.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar