Mahasiswa Teknik Informatika Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

SHARE:  

Humas Unimal
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatif) Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh  menggelar pelatihan online penulisan karya tulis ilmiah, Sabtu (30/1/2021). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatif) Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh  menggelar pelatihan online penulisan karya tulis ilmiah, Sabtu (30/1/2021).

Pelatihan tersebut mengusung tema “Membentuk Mahasiswa Teknik Informatika Sebagai Intelektual yang Berwawasan dan Terampil dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah”. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 100 peserta dari Teknik Informatika Universitas Malikussaleh.

Pemateri, Juni Ahyar  M Pd, antara lain menjelaskan bagaimana melahirkan karya tulis ilmiah yang baik. Menurutnya, karya tulis harus memiliki referensi dan kutipan yang jelas bukan dan hanya copy paste sana sini tanpa ada referensi.

“Selain itu, mahasiswa harus bisa menyampaikan pikiran dan gagasannya dengan bahasa tulis yang mudah dipahami,” ujar dosen yang antara lain mengajar bahasa Indonesia tersebut.

Juni mengharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan agar mahasiswa terlatih dan profesional dalam menulis karya ilmiah sehingga mudah dalam mengikuti kegiatan perlombaan penulisan yang diadakan oleh Dikti dan berbagai lembaga lainnya. “Dan bisa cepat selesai dalam menyelesaikan skripsi,” ujar Juni Ahyar.

Ketua Himatif, Lamkurana Rizka, berharap setelah selesai acara mahasiswa Teknik Informatika dapat membuat karya tulis ilmiah yang bermanfaat untuk Program Studi Teknik Informatika.

Sementara Sekretaris Jurusan Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, Zara Yunizar M Kom mengatakan penulisan ide saja bisa dihargai oleh orang lain. Untuk itu, ia mengingatkan pelatihan karya tulis ilmiah sangat bermanfaat untuk kesesuaian penulisan baik laporan kerja praktek, skripsi, dan laporan lainnya.

“Menurut saya kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu membuat karya tulis ilmiah yang berkualitas. Ke depan para peserta memiliki karya tulis yang bermutu dan bermanfaat bagi mahasiswa lain,” harap Zara Yunizar. [ayi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar