Ini 10 Mahasiswa Relawan Kemanusiaan Unimal ke Majene

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Baidhawi. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Universitas Malikussaleh dipastikan akan memberangkatkan 10 orang mahasiswanya sebagai relawan kemanusiaan ke Majene, Sulawesi Barat pada Minggu (21/3/2021). Hal itu disampaikan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi seusai mendampingi Rektor Unimal memberi pembekalan kepada para mahasiswa tersebut.

Kesepuluh mahasiswa itu adalah Benny Murdani (Sosiologi), A Riski RM (Pendidikan Bahasa Indonesia), Zulkipli Pohan (Teknik Mesin), Zulkarnaini (Teknik Mesin), M Harie Rizki Lubis (Ilmu Hukum), Febri Robiatun Adwiyah (Sistem Informasi), M Althaf Kiram (Teknik Informatika), Windy Cintia Putri (Agroekoteknologi), Mustafa Kamal (Akuntansi), dan Sayyidina Farline (Administrasi Bisnis).

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat diguncang gempa berkekuatan 6,2 SR pada tanggal 15 Januari 2021. Bencana itu menyebabkan ribuan warga kehilangan tempat tinggal, sehingga terpaksa tinggal di kamp pengungsian.

Menurut Baidhawi, mahasiswa yang dikirimkan ini merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Medeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). “Terdapat delapan skema pembelajaran di luar kampus yang dapat dipilih oleh mahasiswa, salah satunya adalah menjadi relawan dalam proyek kemanusiaan,” terangnya.

Adapun tujuan dari menjadi relawan kemanusiaan ini adalah melatih mahasiswa memiliki kepekaan sosial untuk menggali dan menyelami permasalahan agar dapat diselesaikan sesuai dengan minat dan keahliannya yang dimiliki serta menjadikan mahasiswa paripurna yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

“Para mahasiswa tersebut akan berada selama satu semester di lokasi bencana. Selama bertugas para mahasiswa harus tetap berkoordinasi kampus (Unimal) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) daerah setempat dalam membuat program yang akan dilakukan di lapangan,” pungkas Baidhawi. [ryn] 

Baca Juga: Sebelum Berangkat ke Majene, 10 Relawan Mahasiswa Dapat Pembekalan


Kirim Komentar