Mahasiswa KKN K08 Ajarkan Pengetahuan Agama di Nibong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 08 sedang mengajarkan anak-anak di gampong Meunasah Keh Kecamatan Nibong, Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS|Lhoksukon - Sepuluh orang mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) di Gampong Meunasah Keh Kecamatan Nibong , Aceh Utara mengajarkan anak-anak di gampong tersebut pengetahuan  agama pada Selasa (22/6/2021).

Mereka adalah Nasrullah dan Fajar Bayu Zulhamsyah dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia serta delapan mahasiswa lainnya berasal dari Prodi Pendidikan Kimia yakni Aldy Ryanda, Aina Mastura, Darmawati, Maulida Aini, Nur Afni, Kasmawati, Khairina Sari, dan Liza Nofera.

Kegiatan pembelajaran itu dilakukan pada pagi hari di TPA gampong tersebut. Para mahasiswa mengajarkan tentang pengetahuan umum agama seperti Sejarah Islam dan pelaksanaan ibadah. Dalam kegiatan pembelajaran itu juga diselingi dengan games sehingga anak-anak yang mengikutinya tidak cepat merasa bosan. 

Selain mengajarkan anak-anak, selama pelaksanaan KKN mahasiswa Kelompok 08 juga telah melakukan gotong royong membersihkan meunasah, merawat taman gizi milik gampong serta bersilaturrahim dengan tokoh-tokoh dan pemuka gampong. “Alhamdulillah, kami mahasiswa cepat membaur dan menyesuaikan diri dengan masyarakat, sehingga keakraban bisa cepat terjalin, ujar Nasrullah, Ketua Kelompok 08.

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan (DPL), Dr Faisal Matriadi mengingatkan mahasiswa agar fokus dalam pelaksanaan program yang telah dirancang selama mengikuti KKN. “Partisipasi mahasiswa di tengah-tengah masyarakat memberi kontribusi positif akan menggambarkan perwujudan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar