Kelompok KKN-19 Unimal Bantu Aparatur Gampong Survei SDGs

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 19 berfoto bersama sebelum memulaik survei SDGs di Gampong Paya Dua Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS|Lhoksukon - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) di Gampong Paya Dua Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara turut membantu pelaksanaan survei atau pendataan Program Percepatan Pencapaian Pembangunan Nasional Berkelanjutan. Survei tersebut dilakukan beberapa hari dengan tujuan pemutakhiran data berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) desa yang digaungkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Sepuluh orang mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di gampong tersebut turut dilibatkan sebagai surveyor. Kesepuluh mahasiswa itu adalah Muhajir (Teknik Mesin), Dony Ramadhan, Juang Permana, dan Nika Kesuma dari Prodi Hukum, serta Zahratul Fitri, Nursidah, Cut Rahmayani, Sancia Fardani Feronika, Nuril Hudzaiya, dan Raudhatul Muna dari Prodi Pendidikan Kimia.

SDGs Desa adalah upaya terpadu untuk mewujudkan 18 target atau capaian, diantaranya adalah desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang bersifat lebih detail dan lebih mikro jika dibandingkan dengan pendataan-pendataan sejenis sebelumya sehingga diharapkan bisa memberikan informasi lebih banyak,” ucap Pjs Geuchik Gampong Paya Dua, Sudirman Hanafiah SE.

Dalam rilis yang diterima Unimalnews, Kamis (24/6/2021), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 19, Ferizaldi MSi mengatakan bahwa output dari pelaksanaan KKN ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan aparatur gampong setempat. "Kegiatan survei SDGs desa dan program  individu yang dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN ini dinilai sangat kontributif dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Terakhir, dirinya mengharapkan mahasiswa peserta KKN untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai salah satu instrumen pengabdian pada masyarakat dan juga menjadikannya sebagai proses pembelajaran untuk terlibat secara aktif dalam upaya pembangunan nasional dalam konteks lokal.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar