Mahasiswa KKN Kelompok 03 Latih Warga Membuat Sabun Cuci

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 03 Universitas Malikussaleh memberikan pelatihan membuat sabun cuci piring alami kepada warga Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Senin 13 Juli 2021. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kruenggeukueh – Mahasiswa [Universitas Malikussaleh](news.unimal.ac.id) yang sedang melakukan kuliah kerja nyata memberikan pelatihan membuat sabun cuci piring alami kepada warga Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Senin 13 Juli 2021.

Kegiatan mahasiswa dari Kelompok 03 adalah melakukan pelatihan pembuatan sabun cuci piring natural. Pelatihan itu diawali dengan pembagian resep pembuatan sabun cuci kepada para partisipan dan memberikan penjelasan tentang bahan yang digunakan.

Menurut Chairina selaku mahasiswa Teknik Kimia dari Kelompok KKN 03, selain memberikan pelatihan pembuatan sabun cuci piring dan menghemat pemakaian sabun cuci piring, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan warga Desa Paloh Lada di masa pandemi.

Mahasiswa membuat sabun cuci piring dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti texapon, sodium sulfat, NaCL,  asam sitrat, dan pewarna. Bahan tersebut satu persatu dimasukkan ke dalam ember berukuran besar dan diaduk dengan menggunakan sendok pengaduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.

“Kami berharap, warga dapat mengembangkan pembuatan sabun cuci piring secara mandiri untuk meningkatkan pendapatan ekonoi di masa pandemi Covid-19,” ujar Chairina.

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan Kelompok 03, Arif Rahman MH mengatakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa sangat bermanfaat karena mendorong masyarakat agar lebih kreatif memanfaat berbagai bahan yang bisa diperoleh di pasaran.

“Sabun cuci piring ini bisa digunakan untuk diri sendiri atau bisa juga untuk dijual. Kualitasnya tidak kalah dengan sabun yang dijual di pasaran,” ujar Arif berpromosi.

Mahasiswa Universitas Malikussaleh Kelompok KKN 03 beranggotakan 10 orang yaitu, Muhammad Haykal dan Muhammad Nuzul Fitra dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Juanda dan Chairina dari Fakultas Teknik, Sara Nadia, Sri Dewi Anggraini, Ismayanti, Badriah, Yusriana dan Irahati dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. [ayi] 

 

 


Kirim Komentar