Dosen FISIP Universitas Malikussaleh Gelar FGD Tentang Implementasi Kebijakan Penanganan Covid-19

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen FISIP Universitas Malikussaleh Gelar FGD Tentang Kebijakan Penanganan Covid-19. foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tindak lanjut dari penelitian PNBP tahun 2021 dengan tema “Implementasi Kebijakan Penanganan Covid-19 Kampung Tangguh” di Gampong Mon Geudong Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Kamis (28/10/2021).

 

FGD ini di ketuai oleh Risna Dewi MSP, yang beranggotakan Maisyura MSM, dan Dwi Fitri MA, serta melibatkan dua orang mahasiswa .

 

Ketua peneliti, Risna Dewi mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 20 peserta dengan melibatkan unsur Muspika Banda Sakti, Geuchik dan Perangkat Gampong Mon Geudong, serta perwakilan dari Puskesmas Banda Sakti. Semuanya merupakan bahagian dalam satgas penanganan Covid 19 di gampong tersebut.

“Covid-19 adalah jenis penyakit yang menimbulkan darurat kesehatan dan termasuk dalam bencana non alam, yang tidak hanya menyebabkan kematian juga menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar,” katanya.

Menurutnya, penanganan Covid-19 kampung tangguh merupakan sebagai upaya yang dilakukan guna untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kampung tangguh bukan harus mendirikan kampung baru, melainkan Gampong yang sudah ada. 

“Seperti halnya di Gampong Mon Geudong bisa dilakukan dengan cara menumbuhkan kesadaran masyarakat, penerapan protokol kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui kerja sama dengan pihak terkait dalam kolaborasi yang sinergis dan interaktif serta melestarikan kearifan lokal menuju adaptif kebiasaan baru,” tutup Risna Dewi.[tmi]


Kirim Komentar