Mahasiswa KKN Kelompok 163 Diharap Angkat Potensi Coklat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 163 di Gampong Paloh Punti Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, memperlihatkan potensi coklat di lokasi KKN. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 163 diharapkan mampu mengangkat potensi perkebunan di Gampong Paloh Punti Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.  

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 163, Marzuki, M.Si, mengingatkan mahasiswa agar merancang program yang bisa mengangkat potensi Gampong Paloh Punti untuk peningkatan ekonomi masyarakat. “Banyak sumber daya alam di Paloh Punti yang bisa menjadi produk bernilai jual tinggi setelah diolah,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut, Senin (1/11/2021).

Mahasiswa KKN Kelompok 163 sebelumnya sudah disambut dengan hangat oleh perangkat gampong serta tokoh masyarakat dalam acara serah terima yang dilakukan di meunasah Gampong Paloh Punti.

Menurut Ketua Kelompok 163, Mirza dari Prodi Teknik Informatika, Gampong Paloh Punti memiliki potensi di sektor perkebunan dan pertanian karena sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani. “Kami sudah melakukan observasi. Selain untuk menyapa masyarakat juga untuk melihat sumber daya apa yang bisa dikembangkan,” tutur Mirza.

Dari hasil pengamatan tersebut, Kelompok 163 melihat Gampong Paloh Punti memiliki potensi coklat yang berlimpah sehingga mahasiswa melihat ada peluang mengolah buah coklat menjadi produk cocoa powder dengan kemasan menarik.

“Kami berharap ini bisa menjadi sebuah solusi untuk pengolahan sumber daya alam yang dimiliki dan tentunya bisa mensejahterakan masyarakat sekitar,” pungkas Mirza.

Mahasiswa KKN Kelompok 163 di bawah bimbingan Marzuki diketuai Mirza dan beranggotakan Ardha Billy Rahmadana, Reizky Fazuhri, Hafizh Maulana, Sara Oyadila (Teknik Informatika), Ayunda Safitri, Anum Sari (Antropologi),  Sakdiah, Kia Zahratul Nissa (Ilmu Administrasi Bisnis), dan Innaya Ayu Syafira Siregar dari Prodi Akuakultur. [bas]

 

 


Kirim Komentar