Mahasiswa KKN-PPM 140 Buat Tanaman Obat Keluarga di Gampong Cot Girek Kandang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 140 Buat Tanaman Obat Keluarga di Gampong Cot Girek Kandang. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 140 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan tanaman obat keluarga (TOGA) di Gampong Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Rabu ( 3/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 140 adalah Rajabul Akmal, Yunita Mariyahna Siketang, Rifda Aini, Aina Fitri, Annisa br Perangin angin dari Fakultas Pertanian, Muhammad Richard, Muhammad Irfan Pratama dari Fakultas Hukum, M Irsyad Khoiri, Shopia Mahdalena, Ulfa Dikhrama dari Fakultas Teknik, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kamaruddin MSi.

Ketua kelompok 140, Rajabul Akmal mengatakan, program kerja ini sangat penting dengan menanam hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.

“Selain tanaman herbal seperti jahe, lengkuas, sereh dan lainnya kita juga menanam bunga, sayuran yang pertumbuhannya yang relatif cepat,” katanya.

Lanjutnya, tanaman obat keluarga ini dilaksanakan di samping Kantor Geuchik Cot Girek Kandang, mengingat sangat banyak manfaat salah satu nya melestarikan tanaman obat dan meningkatkan kesehatan lingkungan pemukiman sehingga geuchik dan sekdes Gampong Cot Girek Kandang mengizinkan mahasiswa KKN untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sekdes Gampong Cot Girek , Syahrial menyebutkan, perlu adanya tanaman obat keluarga di pemukiman warga guna memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan pekarangan akan tetapi untuk menghemat biaya, TOGA bisa dilakukan di sekitaran kantor geuchik saja.

“Nanti masyarakat bisa meminta mahasiswa untuk mempraktekannya di pekarangan rumah masing-masing,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar