Dosen Teknik Unimal Berikan Pelatihan Pembuatan Batako

SHARE:  

Humas Unimal
Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Kembali, dua orang dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini dengan mengajarkan cara pembuatan batako.

Pengabdian yang dilakukan oleh Dr Rinaldi Misra dan Eri Saputra MSi memilih lokasi di Gampong Pulo Kecamatan Syamtalira Arun, Aceh Utara. Pada kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (31/10/2021) itu, masyarakat diberikan pembinaan sekaligus praktik dalam membuat batako.

Batako merupakan  bahan material bangunan yang digunakan sebagai pengganti batu bata. “Akhir-akhir ini batako menjadi pilihan favorit untuk membangun sebuah bangunan. Selain harga yang lebih murah dibandingkan dengan batu bata, batako juga dapat meningkatkan efisiensi dalam pembuatan suatu bangunan menjadi lebih cepat,” jelas Rinaldi.

Dalam menghasilkan batako yang baik juga harus menggunakan bahan dan campuran yang tepat. Batako ini terbuat dari campuran pasir kasar, semen, dan air. Material-material ini dicetak padat dengan metode press memakai alat press khusus,” lanjutnya.

Selain menyediakan bahan-bahan untuk mebuat batako, kedua dosen ini juga memberikan alat cetak untuk membuat batako.

Jika ingin diseriusi, usaha batako ini memiliki prospek yang cukup baik. "Usaha batako semakin bagus saja dari tahun ke tahun dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Hal itu karena semakin banyak juga masyarakat yang memilih batako sebagai pengganti batu bata untuk membuat bangunan, pungkas Eri.[ryn]


Kirim Komentar