FISIP Unimal Gelar Workshop Wirausaha Mahasiswa dan Alumni

SHARE:  

Humas Unimal
FISIP Unimal Gelar Workshop Wirausaha Mahasiswa dan Alumni. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh menggelar kegiatan workshop wirausaha kepada mahasiswa dan alumni dengan mengusung tema “Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Era Digital” di aula fakultas setempat, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Jumat (5/11/2021.

Acara kali ini mengundang Kabag Humas Pemko Banda Aceh, Said Fauzan MA sebagai pengisi workshop, ia menyampaikan beberapa materi mengenai gambaran dari succes story UMKM Aceh. Peserta yang hadir diantaranya Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni, Subhani MSi, Kaporodi, dan 80 mahasiswa yang berasal dari  jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Sosiologi, dan Antropologi.

Dekan FISIP Universitas Malikussaleh, Dr M. Nazaruddin mengatakan, mahasiswa yang mandiri itu adalah yang memiliki jiwa kewirausahaan. Selain itu mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan dunia digital dengan baik khususnya dalam berwirausaha.

“Mahasiswa diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan. Dengan berwirausaha mahasiswa diharapkan memiliki jiwa mandiri yang tidak terikat oleh orang lain. Kegiatan yang dilakukan harus bermanfaat tidak boleh jadi korban digital, tapi mahasiswa harus jadi aktor dalam dunia digital,” kata Nazaruddin.

Kemudian, Said Fauzan dalam materinya menyampaikan, entrepreneurship harus dimulai dari sekarang atau usia dini, dikarenakan perkembangan zaman yg masuk ke 4.0 atau era digital harus disikapi untuk menjadi peluang bagi masa depan. Usaha bisa dimulai dari hobi dan potensi diri, oleh sebab itu sebaiknya mahasiswa mulai mengenali potensi diri dari sekarang.

“Kemajuan negara dilihat dari kemajuan ekonominya, meski armada laut dan darat nya kuat jika Ekonominya lemah maka tidak akan pernah ditakuti negara lain. Sejarah membuktikan bahwa ekonomi mikro adalah usaha paling bertahan.” papar  Said Fauzan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar