Mahasiswa KKN Kelompok 121 Bantu Realisasi Program Kodim 0103 Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 121 bersama Kodim 0103 Aceh Utara realisasi program pembinaan lingkungan di Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhoseumawe, Jum'at (5/11/2021). Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe–Mahasiswa KKN Kelompok 121 Universitas Malikussaleh membantu realisasi program pembinaan lingkungan Kodim 0103 Aceh Utara, menanam 2000 bibit pohon mangrove di Dusun Utara dan Dusun Rancong Baru, Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhoseumawe, beberapa waktu lalu. Kegiatan peduli lingkungan hidup yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu usaha untuk mengurangi potensi abrasi daerah pesisir.

Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 121 yang ditempatkan di Dusun Utara, Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe yang beranggotakan Muhammad Fariz Pratama, TM Aldi Maulana, Argun Sahli, Luthfan Auzan, Fadhli Anwar, Aldi Prayogi, Natasha, Rahmi Ratna Nirwana, Dina Savira, dan Hikmah Letia, sebelumnya melakukan koordinasi dengan Keuchik dan Kepala Dusun setempat untuk ambil bagian dalam kegiatan pembinaan lingkungan hidup tersebut, sebagai imlementasi pengabdian yang sedangkan dilaksanakan.

Ketua kelompok KKN 121, Muhammad Faris Pratama mengatakan program pembinaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kodim 0103 Aceh Utara bersama mahasiswa merupakan bagian untuk memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, khususnya daerah pesisir yang kerap terjadi abrasi. Penanaman 2000 bibit mangrove tersebut diharapkan bisa meminimalisir tingkat pengikisan pantai dan mencegah terjadinya banjir rob.  

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ika Amalia M Psi menambahkan bahwa Lhokseumawe merupakan salah satu kota yang dilingkupi laut cukup dekat dengan pemukiman warga. Penanaman pohon mangrove menjadi salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga ketahanan kota dari bencana abrasi dan banjir rob. Di sisi lain, kegiatan penanaman 2000 batang mangrove yang dilakukan Kodim 0103 Aceh Utara bersama mahasiswa dan masyarakat Desa Blang Naleung Mameh dapat menstimulan perkembangan individu menjadi pribadi yang produktif dan edukatif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. [ded]

 

 

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar