Mahasiswa KKN 230 Ikut Serta Pembuatan Sapu Lidi di Gampong Blang Poroh

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 230 Ikut Serta Pembuatan Sapu Lidi di Gampong Blang Poroh. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 230 Universitas Malikussaleh  ikut menyukseskan kegiatan pembuatan sapu lidi di Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Blang Poroh Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Selasa (02/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 230 KKN adalah Salimuddin, Nurul Syawal, Aldilla Zuhra, Mhd.Azrin dari Teknik Kimia, Angga Wibatsu Karim dari Kedokteran, Davit Hasimi, Rizka Amelia dari Agroekoteknologi, Dicky Rahmadani, Cut Nur Azizah dari Administrasi Bisnis, dan Putri Inas Salsabila dari Akuntansi. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok tersebut yaitu Sirry Alvina MPd.

Ketua kelompok, Salimuddin  mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mendobrak semangat masyarakat dalam menjalankan kegiatan bisnis yang dilakukan di unit BUMG itu sendiri. Selain itu, juga bertujuan membentuk semangat masyarakat Gampong Blang Poroh dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan skill masyarakat yang ada di desa tersebut.

“Ini bisa menjadi sumber mata pencaharian baru dan revitalisasi perekonomian masyarakat di Gampong Blang Poroh,” katanya.

Pada kesempatan itu, Abdullah selaku Keuchik Gampong Blang Poroh serta dipandu langsung oleh Kepala Dusun, Bustami, dan Rizal mengajari mahasiswa dalam kegiatan pembuatan sapu lidi.

 “Kegiatan ini dapat menjadi bekal dan gambaran bagi mahasiswa akan peluang bisnis pembuatan sapu lidi yang begitu sederhana dan dapat menambah wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam proses pembuatannya,” kata Kepala Dusun A, Bustami.

Menurutnya, pembuatan sapu lidi ini berbeda dari sapu lidi biasa, dikarenakan dalam pembuatannya tidak menggunakan kaleng seperti yang banyak dijual di pasar.

“Disini dalam pembuatannya menggunakan pandan segi dan menggunakan teknik anyaman, sehingga menciptakan sapu lidi yang kuat dan kokoh,” tuturnya.[tmi]


Kirim Komentar