Tingkatkan Kualitas Garam, Mahasiswa KKN 125 Lakukan Penyuluhan PUGAR di Gampong Bluka Teubai

SHARE:  

Humas Unimal
Tingkatkan Kualitas Garam, Mahasiswa KKN 125 Lakukan Penyuluhan PUGAR di Gampong Bluka Teubai. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 125 Universitas Malikussaleh melaksanakan penyuluhan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) di gampong Bluka Teubai Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Senin (1/11/2021).

Mahasiswa kelompok 125 yang dibimbing oleh, Ilham Sahputra MCs yaitu Novraldy, Fendi Saputra, Rosna Elia Monda Siregar, Laina Tussifa Siregar, Urmila Zaitun, Tasya Amanda, Fadel Muhammad Azri Harahap, Yose Pratama Syaputra, dan Ahmad Muda Siregar.

Ketua kelompok, Novraldy Syahbana Siahaan mengatakan, kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan kepada petani garam agar dapat membuat garam yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar – pasar tradisional maupun modern.

“PUGAR ini merupakan program pemberdayaan yang di fokuskan pada peningkatan kesejahteraan bagi petani garam tradisional, serta meningkatkan produksi dan kualitas produk garam daerah,” katanya.

Novraldy  berharap agar pemerintah memperhatikan para petani garam karena di Gampong Bluka Teubai ini memiliki potensi garamnya yang sangat berkuantitas.

“Harapan saya sebagai salah satu mahasiswa KKN – PPM K125 Unimal agar pemerintah memperhatikan dan meningkatkan kualitas garam yang ada di Gampong Bluka Teubai ini, karena masyarakat sangat berharap perhatian dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ilham Sahputra menyampaikan agar mahasiswa dapat memberikan support pengetahuan kepada para petani garam dalam meningkatkan dan memperluas pemasaran garam daerah.

“Mahasiswa juga punya peran disini agar membantu petani garam untuk memproduksi garam berkualitas dan menciptakan pasar baru,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar