Mahasiswa KKN 206 Membuat Gapura di Perbatasan Gampong Ujong Pacu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 206 Membuat Gapura di Perbatasan Gampong Ujong Pacu. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 206 Universitas Malikussaleh membuat gapura perbatasan di Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Selasa (2/11/2021).

Pembuatan gapura tersebut dilaksanakan oleh 10 mahasiswa KKN 206 yang diketuai oleh M. Arsyad Affandi dari Prodi Teknik Mesin dan 9 mahasiswa sebagai anggota dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rahma Fitria MSc.

Ketua Kelompok, M. Arsyad Affandi mengatakan, pelaksanaan program tersebut bertujuan memudahkan masyarakat dengan berbagai keperluan untuk menemukan Gampong Ujong Pacu, karena sebelumnya hanya ada pos dan tulisan-tulisan di semen, tidak ada tulisan “Selamat Datang di Gampong Ujong Pacu” sehingga sulit diketahui daerah ini, terutama orang asing yang melintasi jalan tersebut.

“Gapura merupakan suatu struktur bangunan berupa pintu masuk yang menjadi tanda saat memasuki sebuah wilayah. Kelompok KKN-PPM 206 berinisiatif untuk membuat gapura bagi warga Gampong Ujong Pacu yang nantinya akan menjadi pembatas di desa tersebut.,” katanya.

Lanjut Arsyad, gapura ini dibuat dari bambu yang diambil dari sekitar desa agar terkesan ramah lingkungan, tradisional dan dapat menjadi simbol keramahan tuan rumah yakni masyarakat Gampong Ujong Pacu terhadap masyarakat luar yang hendak berkunjung. Selain itu, di sisi kiri dan kanan di buat bendera merah-putih yang merupakan wujud cinta tanah air Republik Indonesia.

“Kami mengadakan program kerja membangun gapura dengan tujuan memperjelas jalur masuk masyarakat yang ingin melintasi gampong Ujong Pacu,” tutur M. Arsyad Affandi.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rahma Fitria MSc menyebutkan, selain sebagai pembatas dengan gampoeng tetangga, adanya gapura dapat mempromosikan daerah Ujong Pacu itu sendiri, tidak ramai yang mengetahui secara geografis daerah ini.

“Hal ini memudahkan bagi pendatang maupun mahasiswa KKN semester depan serta dosen DPL dalam mengunjungi tempat tersebut,” tutupnya.[tmi]


Komentar

  • Avatar
    ceritawarga.com 07 November 2021
    Mahasiswa KKN UNIMAL Kelompok 123 Gelar Lomba Mewarnai dan Edukasi untuk Siswa TK Puluhan siswa TK Baroena Cot Seurani, Muara Batu Aceh Utara mengikuti lomba mewarnai dan edukasi tentang Covid-19 di sekolah setempat, Sabtu (6/11/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (UNIMAL) yang tergabung dalam kelompok 123 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa.

Kirim Komentar