Bantu Warga Meunasah Dayah Peringati Maulid Nabi, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 081

SHARE:  

Humas Unimal
Bantu Warga Meunasah Dayah Peringati Maulid Nabi, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 081. Foto: Ist

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 081 Universitas Malikussaleh  ikut berpartisipasi dengan warga Gampong Meunasah Dayah, Muara Satu, Lhokseumawe dalam rangka menyukseskan acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu (30/10/2021). 

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok tersebut adalah Pandu Alprayuda Dalimunte, Andrie Kurniawan Indra,  Muh. Nur Ichsan Tamiogy, Anisyah Padang Prodi Teknik Kimia, Nurhasanah Prodi Teknik Industri, Rayhani Prodi Ilmu Komunikasi, Sufiati, Raudhatul Jannah, Nurhasanah Siregar, Zikrina Prodi Ekonomi Syariah. Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing lapangan (DPL), dr Ilhami Surya Akbar M.Biomed.

Perwakilan Mahasiswa KKN kelompok 081, Pandu Alprayuda Dalimunt mengatakan, dalam rangka menyukseskan acaranya warga dan mahasiswa bekerja sama baik itu dalam membersihkan lingkungan sekitar tempat perayaan dan juga penyusunan agenda acara agar tersusun rapi dan juga berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana diinginkan warga desa.

“Perayaan maulid nabi biasanya dilakukan setiap setahun sekali di bulan rabiul awal,” katanya.

Lanjut Pandu, khususnya di Aceh acara maulid sudah menjadi adat istiadat tersendiri untuk dirayakan. Agenda acaranya tersusun dari zikir bersama dan pembagian nasi khanduri untuk para tamu yang berhadir di acara tersebut. Yang mana nasi khanduri didapatkan dari partisipasi warga desa tersebut untuk menyukseskan acara dan juga bentuk amal sedekah warga desa Meunasah dayah.

“Dalam perayaan ini mahasiswa KKN banyak mendapatkan ilmu yaitu seperti cara bersosialisasi dengan warga sekitar dan juga mengajarkan indahnya berbagi dengan sesama,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar