Mahasiswa KKN K123 Buat Hand Sanitizer Bersama Masyarakat Gampong Cot Seurani

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K123 Buat Hand Sanitizer Bersama Masyarakat Gampong Cot Seurani. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Muara Batu  - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Malikussaleh kelompok 123 melaksanakan kegiatan demonstrasi  pembuatan Hand Sanitizer kepada masyarakat di balai pertemuan Gampong Cot Seurani Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Senin (8/11/2021).

Mahasiswa yang berada di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ikramuddin MSi terdiri dari Miftahul Jannah (Ilmu Komunikasi), Rezki Muliana, Ressy Armianda, Intan Pandini, Liza Rauzati (Ekonomi Syariah), Nurmahya (Administrasi Publik), Rinawati, Nur Akmal (Agroekoteknologi), Cut Maulani, Vina Rezeki (Agribisnis).

Ketua kelompok 123, Miftahul Jannah mengatakan, program demonstrasi pembuatan Hand Sanitizer di Gampong Cot Seurani mengikutsertakan masyarakat terutama ibu-ibu. Pembuatannya sangat sederhana dengan menggunakan alat dan bahan yang terdiri dari botol spray, sendok pengaduk, wadah ml besar dan kecil, alkohol 70% dan aloe vera gel.

Kemudian, untuk takaran pembuatannya per 100 ml adalah 92 ml alkohol ditambah dengan 8 ml aloe vera gel. Takaran ini menghasilkan cairan hand sanitizer yang masih terkandung 62% alkoholnya yang mana masih sesuai dengan pedoman pembuatan handsanitizer standar WHO dimana kandungan alkohol tidak boleh kurang dari 62%. Dikarenakan jika kurang dari 62% maka handsanitizer tersebut akan kurang bisa bekerja maksimal untuk membasmi kuman.  

“Hand Sanitizer ini berguna sebagai alternatif untuk membasmi kuman disaat berpergian keluar rumah,” katanya.

Miftahul Jannah menyebutkan, dengan menyelenggarakan program demonstrasi ini bisa membantu masyarakat di Gampong Cot Seurani agar dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan handsanitizer, kemudian juga bisa dipraktekkan kembali oleh masyarakat tersebut.

"Kegiatan demonstrasi pembuatan handsanitizer ini dapat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat desa Cot Seurani agar mampu membuat hand sanitizer sendiri dirumah,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar