Gunakan Peraga Mikrohidro Mini, Mahasiswa KKN 256 Sosialisasi Energi Terbarukan

SHARE:  

Humas Unimal
Gunakan Peraga Mikrohidro Mini, Mahasiswa KKN 256 Sosialisasi Energi Terbarukan. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 256 Universitas Malikussaleh membuat kegiatan sosialisasi tentang Energi Terbarukan dengan menggunakan peraga Mikrohidro mini di MAN 3 Dusun Keude Blang, Desa Lancang Barat, Kecamatan Dewantara,  Aceh Utara, Selasa (9/11/2021.)

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok tersebut yaitu Maulana Alsmy (Teknik Mesin), Arief Rizqy  (Teknik Mesin), Muhammad Arif Savinsada Daulay (Teknik Elektro), Mustafa Kamal (Hukum), Faidzil Affa (Hukum), Risna Ritonga (Sosiologi), Rosyita (Sosiologi), Ayu Purnama (Administrasi Bisnis), Nisa Humaira (Administrasi Bisnis), Nadia (Administrasi Bisnis), di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yesy Afrillia M.Kom.

Ketua kelompok 256, Maulana Alsmy mengatakan, kegiatan ini dibuat agar adik-adik siswa dapat mengenal serta memahami mengenai peranan energi yang berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.serta kita dapat memanfaatkan sumber alam yang melimpah dan dapat diaplikasikan menjadi sesuatu yang bermanfaat.kemudian kami juga memperkenalkan kepada adik-adik salah satu proses cara kerja yang memanfaatkan air sebagai sumbernya yang akan menghasilkan energy listrik.

“Energi terbarukan adalah sumber energi yang dapat dimanfaatkan secara terus menerus yang tersedia di alam. Energi terbarukan bisa dimanfaatkan secara bebas, bisa diperbaharui secara terus-menerus, dan ketersediaannya di alam melimpah,” katanya.

Maulana menyebutkan, tujuan dari sosialisasi di MAN 3 Aceh Utara ialah sebagai pengenalan dan praktek langsung energi terbarukan dengan menggunakan mikrohidro mini yang dimana alasannya adalah energi terbarukan mudah di dapat.

“Energi terbarukan ketersediaan nya yang melimpah, tidak menghasilkan polusi serta emisi karbon dan membuat siswa MAN  mampu dalam mengupayakan energi sendiri. Energi terbarukan adalah energi yang ramah terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Bagian Kurikulum MAN 3 Keude Blang, Nuraida manyampaikan, anak-anak siswa disini memiliki potensi serta semangat yang besar dalam mengikuti kegiatan yang dibuat oleh Mahasiswa KKN. Ia juga menyebutkan bahwa dengan hadirnya mahasiswa KKN dapat memberi wawasan luas mengenai pentingnya pemanfaatan energi ini bagi kehidupan.dan tentunya sosialisasi ini sangatlah berguna bagi mereka dikarenakan kelak mereka akan menjalani pembelajaran lanjutan di perguruan tinggi nantinya.

“Sehingga pengenalan ini dapat menjadi pilihan buat mereka kedepannya,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar