Ikut Serta Dalam Kegiatan Posbindu, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 222

SHARE:  

Humas Unimal
Ikut Serta Dalam Kegiatan Posbindu, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 222. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat ( KKN-PPM)  kelompok 222 Universitas Malikussaleh ikut serta dalam pelaksanaan Posbindu yang dilaksanakan oleh  UPT Puskesmas Muara Satu, Lhokseumawe di Gampong Blang Pulo, Selasa (9/11/2021).

Mahasiswa yang berada dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rini Meiyanti Mkom adalah Sapril Algani S ( Teknik Industri), Zaharudin (Adm.Bisnis), Sihra Rindiani Sagala (Ekonomi Syariah), Sri Nurhayati Berutu ( Ekonomi Syariah), Solehah (Hukum), Marhamah Brutu ( Hukum), Dewi Febrina Bintang (Hukum), Mastura ( Hukum), Sri Rahayu Berutu (Sosiologi).

Ketua kelompok 255, T. Alfira Sandi mengatakan, Posbindu merupakan sebuah pelayanan yang melakukan kegiatan monitoring faktor dini serta resiko penyakit terhadap Lansia, berbeda dengan Posyandu yang lebih mencakup bayi,balita, ibu hamil, ibu menyusui.

 “Mahasiswa KKN kelompok 222 ikut dalam membantu dalam kegiatan tersebut, dengan mengarahkan para lansia untuk mengikuti beberapa prosedur yang harus dilakukan. Ada beberapa pengecekan bagi lansia, antara lain penimbangan berat badan, pengukuran lingkaran perut, pengecekan tensi darah, serta pengecekan gula darah,” katanya.

Petugas Posbindu dari Puskesmas Muara Satu, Azizah S.Km menyebutkan, mahasiswa KKN ikut membantu untuk mencatat hasil dari pengukuran TB, penimbangan BB, dan kadar gula darah, semua berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun karena semua sesuai dengan arahan petugas puskesmas.

“Kita ketahui bahwa di usia yang sudah tidak muda begitu rentan penyakit yang dapat menyerang. Dengan adanya Posbindu ini kita harapkan mampu memonitor kesehatan lansia tersebut, “ tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar