Dosen Kedokteran Unimal Berikan Promosi Kesehatan Kepada Masyarakat Gampong Uteunkot

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Kedokteran Unimal Berikan Promosi Kesehatan Kepada Masyarakat Gampong Uteunkot

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian sosialisasi promosi kesehatan pada keluarga binaan di Gampong Uteunkot Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Senin (15/11/2021).

Dosen dari Fakultas Kedokteran tersebut adalah dr Noviana Zara sebagai ketua tim pengabdian kepada masyarakat, dan anggotanya yaitu dr Mardiati, yang merupakan  Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh bersama dokter muda memberikan edukasi pencegahan Covid-19 dengan cuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan langkah WHO serta selalu mengkonsumsi gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua pengabdian kepada masyarakat, dr Noviana Zara MKM mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat khususnya pada keluarga-keluarga binaan dalam mencegah penularan Covid-19, dikarenakan keluarga merupakan sebuah Cluster (kelompok). Cluster keluarga adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain.

“Edukasi ini diharapkan dapat mencegah penularan virus Covid-19 di masyarakat khususnya dalam keluarga,” katanya.

Anggota tim pengabdian, dr Mardiati menyebutkan, menerapkan protokol kesehatan sangat penting dilakukan untuk menurunkan resiko penularan dan sebagai ikhtiar dalam mencegah merebaknya penyakit ini diharapkan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya dapat memahami informasi pencegahan Covid-19 saat edukasi disampaikan.

“Hari ini bersamaan dengan pemberian materi kita juga memperlihatkan kepada peserta praktek mencuci tangan sesuai anjuran WHO, mengilustrasikan memakai masker dengan benar serta bagaimana cara menerapkan hidup dengan mengkonsumsi gizi seimbang di dalam keluarga guna pencegahan Covid-19,” tuturnya.

Tidak hanya promosi Kesehatan, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Unimal juga memberikan plakat beserta sabun, masker, hand sanitizer dan sembako kepada keluarga binaan tersebut.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar