Nono Sampono dan Sejumlah Pejabat Negara Hadir di Seminar Nasional SAR Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng dan Wakil Ketua DPD RI 2019-2024, Letnan Jenderal TNI Marinir (Purn) Dr Nono Sampono, MSi. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Unit Kegiatan Mahasiswa Search and Rescue (UKM-SAR) Universitas Malikussaleh menyelenggarakan kegiatan seminar nasional bahas tentang Potensi Bencana Aceh 10 Tahun Mendatang,  Musyawarah Nasional Forum Komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia, dan Event SAR nasional tahun 2021 secara luring di GOR ACC Cunda, Lhokseumawe, Selasa (16/11/2021).

Seminar tersebut berlangsung dari 16 hingga 18 November 2021 yang dibuka oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng dan menghadirkan pemateri nasional yakni Wakil Ketua DPD RI 2019-2024, Letnan Jenderal TNI Marinir (Purn) Dr Nono Sampono, MSi dengan materi tentang Konsep Ideal Penanggulangan Bencana Nasional di Masa Depan. Kemudian H. Ruslan M. Daud SE selaku Anggota DPR RI Fraksi PKB dan Nasir Buloh dari Walhi Aceh. Juga turut mengundang anggota DPD RI, Muh. Nuh (Anggota DPD RI Provinsi Sumut), H. Fachrurazi, M.IP dan M. Fadhil Rahmi, Lc (Anggota DPD RI Provinsi Aceh),  juga pejabat daerah Kepala Basarnas Provinsi Aceh, SAR Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe serta Forkopimda Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Selain itu juga hadir pejabat dari lingkungan Unimal, mahasiswa yang tersebar di sejumlah kabupaten kota yang ada di Indonesia, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Andika Al Imran mengatakan, dengan adanya seminar tersebut, tentu bisa memberikan masukan dan pelajaran berharga tentang persoalan kebencanaan. Bahkan diutamakan bagi pemangku kepentingan seperti pejabat daerah dan seluruh masyarakat sipil agar memahami tentang penanganan dan penanggulangan bencana. Mengingat kegiatan Musyawarah Nasional turut diikuti oleh para delegasi dari kampus-kampus di luar Aceh, maka nantinya akan menjadi bahan untuk membahas isu-isu terkini, termasuk memilih formatur kepengurusan baru lembaga SAR mahasiswa tingkat Nasional yang akan meneruskan estafet kepemimpinan selanjutnya.

“Ini adalah kegiatan rutin yang kita selenggarakan secara bergilir pada perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sebagai penutup kita ucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Bapak Rektor Unimal dan semua pihak yang telah ikut membantu kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses," katanya.

Andika berharap kegiatan seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang potensi ancaman bencana alam di masa mendatang. Sehingga dengan berbekal pengetahuan yang diserap dalam seminar itu dapat mengambil tindakan pencegahan dan penanganannya sejak dini.

SementaraRektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng menyampaikan, 20 tahun yang lalu tepatnya 1 agustus 2001 Unimal dinegerikan oleh presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Inisiasi penegerian Unimal itu dilakukan oleh Alm Gusdur beserta para ulama yang ada di Aceh.

"Alhamdulillah hari ini Unimal memiliki mahasiswa di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, artinya Unimal sudah menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi tujuan anak-anak bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air. Bukan hanya dalam bidang pendidikan kompetensi suatu prodi yang ada tapi hari ini kita berkomitmen seiring dengan konsep merdeka belajar kampus merdeka kita mendorong para mahasiswa dapat mengembangkan talenta yang dimiliki," ungkapnya.

Lanjut Herman, UKM-SAR Unimal kali ini melakukan tiga kegiatan yaitu Musyawarah nasional, Forum Komunikasi komunikasi SAR Perguruan Tinggi Indonesia dan Event SAR nasional tahun 2021.

"Moga-moga dengan adanya kegiatan ini bisa memberi masukan yang lebih banyak untuk perbaikan kinerja oleh SAR," tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar