Dosen Unimal Gelar Pelatihan Olah Ikan Menjadi Abon dan Kerupuk

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Gelar Pelatihan Olah Ikan Menjadi Abon dan Kerupuk.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan pengabdian  kepada masyarakat  dengan memberi pelatihan tentang Pengolahan Ikan Tongkol menjadi abon ikan dan kerupuk ikan di Gampong Kampung Jawa Lama Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Rabu (17/11/2021).

Tim pengabdian tersebut diantaranya Dr Jamilah MP Dosen Fakultas Pertanian sebagai ketua , kemudian timnya, Nurmala M.Si dan Sullaida MM dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tema pengabdian yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah “Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Tongkol Bagi Masyarakat Nelayan Pesisir”.

Ketua pengabdian, Dr Jamilah  mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengolahan ikan tongkol menjadi abon ikan dan kerupuk ikan bagi  masyarakat nelayan di wilayah pesisir Kota Lhokseumawe. Kegiatan ini melibatkan  ibu- ibu rumah tangga nelayan  dan remaja putri yang termasuk dalam kategori keluarga miskin.

“Untuk itu akan dilakukan pendampingan terstruktur mengingat desa ini merupakan desa binaan yang berada di wilayah pesisir dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode survey dan Focus Group Discussion (FGD),” katanya.

Jamilah menyebutkan, kegiatan demonstrasi pengolahan ikan tongkol menjadi abon ikan dan kerupuk ikan ditujukan untuk membuka wawasan dan peluang usaha bagi ibu rumah tangga dan remaja putri  nelayan dalam menciptakan nilai tambah dan keuntungan bagi rumah tangga nelayan tradisional.

“Peserta juga akan diberikan pelatihan manajemen produksi dan pemasaran ikan olahan yang berdaya saing. Kegiatan ini dapat menumbuhkan kembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan masyarakat nelayan pesisir untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar